Seram Bagian Timur

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan SBT Gelar Lomba Puisi Di Waru

24138983_1362319853880333_1737592378_o

Bula, Maluku – Untuk menumbuhkan kembangkan minat baca bagi generasi muda terutama siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD), dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menggelar lomba membaca puisi tingkat SD Se-kecamatan Teluk Waru. Kegiatan pengembangan minat dan budaya baca dengan tema ‘Belajar, Berkarya, Berinovasi dan Berbahasa’ itu digelar di SD Inpres Dawang Waru desa Waru.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten SBT, Hadi Rumbalifar mengatakan, kegiatan lomba baca puisi itu digelar untuk memggenjot dan mengembangkan minat baca dikalangan generasi muda terutama anak-anak.

“ Kita lakukan ini supaya anak-anak bisa punya minat baca lebih tinggi karna anak-anak sekarang ini punya minat baca semakin berkurang. Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan seperti ini dilakukan untuk anak-anak bisa tingkatkan minat baca, gemar baca,” ungkap Hadi.

Kata dia, untuk memotivasi anak-anak agar bisa bergaul dengan buku, dibutuhkan upaya semaksimal mungkin. Untuk itu, tidak hanya dikecamatan Teluk Waru, kedepan kegiatan lomba semacam itu akan terus dilakukan dikecamatan-kecamatan lain didaerah itu. Selain lomba membaca puisi, Hadi mengaku, akan menambah sejumlah mata lomba untuk menarik minat generasi muda dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Kedepan kegiatan-kegiatan seperti ini kita akan lakukan dikecamatan-kecamatan lain sehingga anak-anak kita bisa bergaul dengan buku. Dan mata lomba kita akan tambah seperti lomba cerita dan lain-lain,” katanya.

Menurut Hadi, untuk mendapatkan berbagai pengetahuan tidak saja melalui sistem pembelajaran yang diberikan oleh guru disekolah. Namun, membaca juga dapat membuat orang bisa memperoleh berbagai ilmu karena sudah tercantum dalam buku-buku yang disediakan dalam perpustakaan. Untuk itu, pihaknya meminta kepala desa dapat membangun perputakan didesanya masing-masing.

“ Jangan kita cuma berharap dengan guru saja lalu kemudian habis itu selesai sudah. Makanya kita juga sudah tekankan ke kepala-kepala desa untuk bangun perpustakan desa,” harapnya.

Untuk mengupayakan pembangunan perpustakaan desa, kepala perpustakaan nasional telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk menyampaikan kepada kepala desa agar mengalokasikan anggaran pembangunan perpustakaan lewat anggaran Dana Desa (DD) setiap desa pada tahun 2018 mendatang.

“ Terkait itu, kepala perpustakaan nasional sudah bekerja sama dengan kementerian desa. Dari suratnya itu kita sudah sampaikan ke bapak Bupati, dan bapak Bupati sudah disposisikan ke kepala pemberdayaan masyarakat desa. Kita tinggal tunggu implementasinya saja,” ujar Hadi.

Sementara, pada lomba baca puisi yang digelar di desa Waru itu, sebanyak 8 sekolah mengirimkan wakilnya untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Satu sekolah diwajibkan untuk mengirimkan 2 orang siswanya yang masih duduk dibangku kelas 4. Total peserta sebanyak 16 orang siswa. Perwakilan SD Inpres Dawang Waru berhasil menyabet juara 1. Sementara 2 dan 3 disabet SD Negeri Kampung Baru dan SD Negeri Madak. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top