Hukum & Kriminal

Diduga Menipu, Oknum PNS Polda Maluku Dijerat Pasal 372 KUHP

Penipuan-1024x700

Ambon, Maluku – Terlilit hutang, Y.H, seorang Pegawai Negeri Sipil Polda Maluku yang tak bayar uang pinjaman akhirnya dilaporkan ke Kantor Polisi.
Informasi yang dihimpun Intim News dari Laporan Polisi di ruang Satreskrim Polres Ambon, Kamis (16/11/2017), menjelaskan bahwa kasus penipuan tersebut dilakukan oleh Y.H, Pegawai Negeri Sipil Polda Maluku kepada M.F (42 tahun) pada hari Selasa (15/8/2017).

Kejadiannnya berawal, dari Y.H PNS Polda Maluku yang terdesak dengan biaya keperluaan keluarganya mendatangi rumah M.F, yang berlokasi di Gunung Nona, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon untuk memiminjam uang senilai Rp 3 juta dari M.F dengan perjanjian bahwa uang yang dipinjam oleh Y.H tersebut akan dikembalikan dengan membayar secara menyicil kepada M.F.
Kesepakatan pun terjadi antara Y.H dan M.F yang bersedia meminjamkan uang Rp 3 juta kepada Y.H disertai dengan bukti kuintansi pengembalian yang nantinya akan dibayar secara cicil setiap bulan kepada M.F.
Namun setelah menerima pinjaman uang dari M.F, mulai dari bulan Agustus Y.H yang dihubungi oleh M.F untuk membayar hutang pinjaman uang tak kunjung juga dibayar oleh Y.H. Bahkan setiap kali dihubungi, Y.H selalu menghindar agar tidak ditanyakan hutangnya tersebut.

Y.H yang telah dihubungi oleh M.F untuk membayarkan hutang cicilan tersebut yang sudah 3 bulan tak kunjung disetor. Akhirnya memaksa M.F yang merasa telah ditipu dan selalu dikelabui oleh Y.H, mendatangi Polres Ambon pada Selasa (14/11/2017) untuk melapor Y.H terkait dengan penipuan uang yang sudah 3 bulan tidak pernah dibayarkan.
Kasus penipuan tersebut, dilaporkan dan teregister dalam Laporan Polisi nomor: LP/662/XI/2017/Maluku/Res Ambon. Yang mana terhadap penipuan Y.H dijerat dengan pasal 372 KUH Pidana dengan hukuman 4 tahun penjara.
Kasat Reskrim Polres P.Ambon dan P.P. Lease, AKP Teddy,SH,S.I.K yang dikonfirmasi Intim News diruang kerjanya, Kamis (16/11/2017) mengatakan pihaknya akan menyurati Karo SDM Maluku untuk memanggil Y.H yang notabene adalah PNS polda Maluku untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus ini. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top