Lintas Peristiwa

Di Kep. Aru Kapal Pengangkut Tower Karam, 3 Orang Tewas

Pencarian Korban

Ambon, Maluku – Laut Aru memakan korban, KM Lingkar dilaporkan tenggelam pada Minggu (26/11/2017) di sekitar perairan Batu Bendera, laut Benjina. Kapal yang memuat Tower dan 17 orang pekerjanya dengan 9 ABK karam.
Kapal yang memuat material Tower Telkomsel di Kab. Kepulauan Aru, yang rencananya akan dipasang di Desa Lorang, Manjau, Alagadang dan Irloi, itu karam.

Sebanyak 16 penumpang dan anak buah KM Lingkar yang tenggelam di Perairan Aru, Maluku, diselamatkan oleh Satgas Yonif Raider 515 Kostrad, Minggu (26/11/2017), sedangkan 10 orang sampai saat ini belum ditemukan.

Menurut Danpos Satgas Yonif Raider 515/Kostrad di Kab. Kepulauan Aru, Pelda Muryono, yang dikonfirmasi Intim News, melalui telephone seluler, Senin (27/11/2017) malam, menjelaskan saat melakukan perjalanan menuju Dobo sekitar pukul 11.20 WIT, pihaknya menemukan sekelompok orang sekitar 16 orang di lautan Batu Bendera, laut Benjina. Sekelompok orang itu melambaikan tangan sedang meminta pertolongan. Rombongan Pelda Muryono mendekati dan menanyakan apa yang sedang terjadi.

“Ternyata mereka adalah korban selamat dari KM Lingkar yang tenggelam. Mereka berjumlah 16 orang. Katanya masih ada 10 orang yang hilang,” Ujarnya.

Sementara itu penjelasan dari Kapten Kapal KM Lingkar Anhar Jefratin, kapal berangkat dari Dobo pada Sabtu malam dan Minggu pagi sekitar pukul 04.45 WIT tiba di sekitar perairan Batu Bendera Sungai Baraka, Kab Kepulauan Aru, Kapal tiba-tiba miring ke kanan selanjutnya kapal perlahan tenggelam. ABK kapal dan pekerja langsung menyelamatkan diri dengan melompat ke air dan berenang menuju ke daratan yang jaraknya sekitar 50 meter.

“Kami 16 orang dapat mencapai daratan dan selamat sedangkan yang 10 orang sampai sekarang nasibnya belum diketahui,” jelasnya.

Beruntung menjelang siang hari, melintas kapal kayu di perairan Batu Bendera, Sungai Barakai, Kep. Aru. Kapal kayu dari Mesiang tujuan pelabuhan Dobo, yang ditumpangi oleh Danpos Satgas Pelda Mulyono Satgas 515/Kostrad beserta dua orang anggota selanjutnya menolong penumpang dan selanjutnya dibawa ke Benjina.

Hingga saat ini 16 orang yang selamat sudah dievakuasi ke Polsek Benjina untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Sementara itu Danramil 1503-03 Dobo terus berkoordinasi dengan Danalanal Aru, Polres Kab.Kepulauan Aru dan BPBD Kab. Kepulauan Aru untuk melakukan pencarian terhadap korban yang saat ini belum diketemukan. Adapun korban-korban yang belum ditemukan adalah 9 orang pekerja tower antara lain Agus Suwiknyo, Abdul Wahab, Budiono, Hartono, Yanto, Faat, Bunawi, Khoirul, Ali Mudor dan satu ABK atas nama Anhar.

Selain itu Kapolres Kepulauan Aru AKBP Adolof Bormasa yang dihubungi Intim News melalui telephone selulernya, Senin (27/11/2017), menjelaskan untuk proses pencarian terhadap 9 anak buah kapal (ABK) KM Lingkar yang tenggelam pada Minggu (26/11/2017), pihak Polres Kepulauan Aru bersama dengan Danlanal Aru, Balai Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Aru, bersama-sama dengan masyarakat telah membantu melakukan pencaharian 9 anak buah kapal KM Lingkar yang hilang tersebut.

“ 1 korban telah ditemukan atas nama Khoirul, dan 2 korban lainnya juga telah ditemukan yang saat ini masih dalam evakuasi oleh pihak Polres Kepulauan Aru dalam perjalan dari Desa Benjina ke Kota Dobo. Polres Kepulauan Aru, Danlanal Aru, Balai Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Aru dan masyarakat Dobo masih terus melakukan pencaharian pada esok hari. Sesuai dengan informasi dari tim lapangan Kapal KM Lingkar telah terdeteksi berada di perairan Benjina, sehingga kepastiannya akan dilakukan pencaharian pada esok hari,”ungkap Perwira menengah Polres Kepulauan Aru berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi itu.

Perwira Polres Aru berpangkat dua bunga melati dipundaknya itu menjelaskan, untuk penanganan korban Khoirul, dan 2 korban lain yang telah ditemukan, Polres Kepulauan Aru telah berkoordinasi dengan PT Binatel Prima selaku pihak yang bertanggung jawab untuk mengurusi proses pengembalian dan pemulangan jenazah korban ke keluarga di Pulau Jawa. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top