Hukum & Kriminal

2 Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Kota Ambon, Di Bekuk Polisi

motor

Ambon,Maluku- Unit Buru Sergap (Buser) Satuan Reserse dan Kriminal (Satrekrim) Polres P.Ambon dan P.P.Lease akhirnya berhasil membekuk 2 orang pelaku pencurian motor masing-masing F.T alias Filthon dan M.U alias Acelo (24 tahun).

Kepala Satuan Reserse Kriminal AKP Teddy, SH, S.I.K kepada Wartawan di ruangan kerjanya, Rabu (1/11/2017) mengatakan, F.T alias Filthon merupakan pelaku pencurian motor milik korban Marthen Lakburlawal yang berlamat di Kudamati.

” Beradasarkan LP/626/X/2017/RES AMBON  tanggal 27/9/2017, sesuai dengan pengembangan penyelidikan, Unit Buser Polres P.Ambon dan P.P.Lease akhirnya berhasil menangkap pelaku pencurian motor korban milik Marthen Lakburlawal yang dicuri olrh pelaku bernama Filton Tuhumury alias Filthon. Filton Tuhumury ditangkap oleh Unit Buset Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease, di kamar kostnya yang berlokasi di Tanah Lapang Kecil (Taleka), Ambon pada Kamis (26/10/2017) dengan barang bukti (BB) berupa kendaraan roda dua merk Yamaha Vino warnah merah hitam dengan nomor rangka MH3SE8840GJ099168, dan nomor mesin E3R2E1082385,” tutur Perwira Pertama Satreskirm Polres Ambon berpangkat 3 balok emas di pundaknya itu.

Dikatakannya, tak hanya melakukan penangkapan terhadap pelaku Filthon di lokasi kamar kost pelaku di Tanah Lapang Kecil Ambon, Unit Buser Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P. Lease juga melakukan penangkapan terhadap pelaku pencurian motor lain berinisial M.U alias Acelo.

“Pelaku M.U alias Acelo merupakan salah seorang tukang ojek yang bertempat tinggal di Karpan Jl. Pitu Ina RT.001/002 Kecamtan Sirimau Ambon. Dirinya ditangkap oleh Unit Buser Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease atas perbuatannya melakukan pencurian motor milik korban Agustinus Mahudin alias Agus (58 tahun), yang bertempat tinggal di alamat Jl. CHR Martha Tiahahu RT.001/001 Kelurahan Waihoka, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon,” ungkap AKP Teddy.

Perwira Pertama Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease  menjelaskan, kasus pencurian yang dilakukan oleh pelaku M.U alias Acelo dimuat dalam Laporan Polisi nomor:  LP /633/X/2017/Maluku/Res Ambon, Selasa (31/10/2017).

Kronologis kejadian berdasarkan penuturan Kasat, Senin (16/10/2017) sekitar pukul 03.00 WIT (jam 3 subuh) dengan tempat kejadian perkara (TKP) di Karang Panjang Jl. CHR Martha Tiahahu RT. 001/001 Kelurahan Waihoka Kecamatan Sirimau Kota Ambon, tepatnya di garasi motor samping rumah milik korban Agusthinus Mahudin alias Agus. Kejadiannya berawal ketika anak korban yang memarkirkan motor korban pada  Minggu (15/10/2017) sekira pukul 22.00 WIT di garasi samping rumah korban. Keesokan harinya, Senin (16/10/2017) anaknya terkejut saat melihat motor milik ayahnya yang diparkirnya di garasi samping rumahnya sudah tidak berada ditempat.

” Melihat motor milik ayahnya sudah tidak berada di tempat parkir di garasi rumahnya, anak korban kemudian memberitahu ayahnya terkait dengan sepeda motor milik korban yang hilang di curi orang. Korban yang diberitahu anaknya mengenai motor miliknya yang hilang dicuri orang, langsung melakukan pencarian terhadap sepeda motor miliknya. Setelah seminggu melakukan pencarian terhadap sepeda motor yang hilang dicuri orang di garasi rumah miliknya, Senin (30/10/2017),anak korban akhirnya menemukan kendaraan sepeda motor milik ayahnya itu sedang diparkair ditepi jalan depan rumah keluarga pelaku,” jelas Kasat Reskrim Polres Ambon.

Dikatakannya, melihat sepeda motor milik ayahnya yang hilang berada di depan rumah milik pelaku, anak korban akirnya bergegas pulang ke rumah dan memberitahu ayahnya soal sepeda motor yang dilihatnya di depan rumah keluarga pelaku. Mendengar laporan dari anaknya, korban akhirnya mendatangi Polres P.Ambon  dan P.P.Lease, Selasa (31/10/2017) dan melaporkan permasalahan kasus pencurian motor.

 ” Bedasarkan laporan dari korban tersebut, Anggota Unit Sentra Kepolisian Terpadu (SPKT) bersama Unit Buser Polres P.Ambon dan P.P.Lease akhirnya mendatangi pelaku dan melakukan penangkapan terhadap pelaku di rumah keluarganya. Setelah ditangkap dan diselidiki, Penyidik Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease akhirnya menetapkan pelaku M.U alias Acelo sebagai tersangka dan ditahan di rumah tanahan Polres P.Ambon dan P.P.Lease dengan surat penahanan nomor :  SP. HAN / 178 / X / 2017 / Reskrim, Rabu (1/11/2017), dengan barang bukti berupa 1 Unit sepeda motor roda dua merk Honda Beat F1 warna putih, tanpa plat nomor Polisi,1 pasang plat nomor dengan Nomor Polisi DE 3013 LF, 1 buah kunci kontak,” tandas AKP Teddy.

Ditambahkannya,  kejahatan pencurian motor yang dilakukan tersangka M.U alias Acelo diduga dilakukan bersama dengan 2 orang rekannya yang saat ini telah ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO) dan masih dalam penyelidikan Unit Buser Satreskrim Polres P.Ambon dan P.P.Lease. (IN-07).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top