Militer

Wakili Kodam XVI/ Pattimura, Yonif 734/ SNS Optimis Juarai Lomba Tontangkas TNI AD Tahun 2017

22472020_1630367096986571_1451467715_o
upacara pelepasan Kontingen Pleton Tangkas TNI AD periode II Tahun 2017 dipimpin oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, bertempat di Aula Yonif Raider 733/Masariku, Jumat, (13/10/2017).

Ambon, Maluku – Kesiapan diri sebagai Tim yang terpilih sesuai dengan undian yang dilakukan oleh Staf Umum Operasi Angkatan Darat (Sopsad), Selasa (10/10/2017) Pleton SLT, Kompi Bantuan (Kiban),Yonif 734/Satria Nusa Samudera (SNS) yang mewakili Kodam XVI/Pattimura untuk ikut pada perlombaan Tontangkas TNI AD periode II Tahun 2017 yang akan dibuka secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono di Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif), Cipatat, Bogor, Jawa Barat pada tanggal 5 November 2017 nanti.

Untuk itulah sebagai bentuk dukungan dan kerja sama sebagai satuan yang berada di lingkup Kodam XVI/Pattimura, sebelum diberangkatkan ke tempat pertandingan untuk mengikuti perlombaan, pelepasan Kontingen Pleton SLT Kiban 734/ SNS dilakukan dengan upacara pelepasan Kontingen Pleton Tangkas TNI AD periode II Tahun 2017 yang dipimpin secara langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, yang juga di turut dihadiri oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono berserta Para Pamen Kodam XVI/Pattimura, bertempat di Aula Yonif Raider 733/Masariku, Jumat, (13/10/2017).

Perlombaan Tontangkas sendiri, merupakan suatu ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad ) guna mengetahui sejauh mana pembinaan tiap-tiap satuan yang ada di jajaran Angkatan Darat. Dalam satu tahun diselenggarakan sebanyak dua kali. Adapun materi yang di perlombakan meliputi Kesegaran Jasmani A, Renang Militer, HTF, Cross Country, Ilmu Medan (Navrad), menembak pistol dan senapan laras panjang, halang rintang dan Yongmoodo. Bertindak selaku Komandan Kontingen Tontangkas TNI AD Kodam XVI/Pattimura Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Tuhuteru yang didamping oleh Komandan Batalion Yonif 734/ SNS Mayor Inf Mario Christian Noya.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo dalam arahannya kepada seluruh anggota Kontingen Tontangkas Kodam XVI/Pattimura mengatakan, meskipun Batalyon 734/SNS masih terbilang muda, namun diharapkan mampu membuktikan diri dapat meraih prestasi seperti Batalyon Yonif Raider 733/Masariku yang pernah menjadi juara umun tontangkas TNI AD Tahun 2016 periode II lalu.

Selain itu berangkat dengan satu tujuan adalah harus menang dan persembahan terbaik Prajurit Yonif 734/SNS kepada Kodam XVI/Pattimura, itulah tekad Pleton SLT Kompi Bantuan (Kiban) 734 dalam perlombaan Ton Tangkas Mabes TNI AD yang akan berlangsung tanggal 5 November 2017 dilokasi Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) Cipatat Bandung Provinsi Jawa Barat. Semangat untuk meraih kemenangan perlombaan Ton Tangkas Mabes TNI AD inilah yang disampaikan oleh Komandan Batalion Yonif 734/Satrian Nusa Sumudera (SNS), Mayor Inf Mario Christian Noya saat ditemuai Wartawan di Aula Yonif Raider 733/Masariku.

” Pelaksanaan Ton Tangkas selama ini secara reguler sudah dilaksanakan di jajaran satuan-satuan yang ada di seluruh Kodam-Kodam di Indonesia. Kegiatan tersebut kemudian ditindak lanjuti melalui pembinaan dan pengambilan waktu yang dilakukan melalui pengundian yang dilakukan oleh Staf Umum Operasi Angkatan Darat (Sopsad) Mabes TNI AD tanggal 10 Oktober 2017 dengan keluar sebagai perwakilan Kodam XVI/ Pattimura untuk mengikuti perlombaan Ton tangkas Mabes TNI AD adalah Yonif 734/ Satria Nusa Samudera (SNS),” tutur Perwira menengah TNI AD berpangkat 1 bunga melati dipundaknya itu.

Lebih lanjut dikatakan,sebagai kesiapan untuk mempersiapkan Pleton Yonif 734/SNS dalam perlombaan Ton Tangkas, Pleton Kiban 734/SNS melakukan latihan rutin penyiapan fisik berupa kegiatan lari pagi yang dilakukan setiap pagi dan sore hari dengan jarak minimal 7 kilo meter, latihan renang dengan jarak 3 kilo meter setiap siang hari dan 4 kilo meter untuk interfal pada sore hari dan latihan menembak dengan pistol dan senjata laras panjang yang rutin dilakukan setiap hari.

“Untuk tim inti Yonif 734/ SNS yang akan ikut dalam perlombaan tin tangkas berjumlah 23 orang dan cadangan 3 orang sehingga total keseluruhan tim ton tangkas Yonif 734/SNS berjumlah 26 orang,” ungkap Mayor Mario C Noya.
Dirinya berharap, sebagai perwakilan dari Kodam XVI/Pattimura, Pleton kompi bantuan (Kiban) 734/SNS yang terpilih untuk mewakili Kodam XVI/Pattimuta dalam perlombaan Ton Tangkas 2017, mengharapkan adanya doa dan restu kepada Yonif 734/ SNS agar keluar sebagai pemenang lomba Ton Tangkas dari Kodam XVI/Pattimura.

” Sebagai kesiapan dari Pleton SLT Kiban 734/SNS yang telah berkumpul di lokasi Yonif 733/Raider sebagai titit kumpul Pleton yang ditindak lanjuti dengan pemusatan latihan secara khusus sebagai medan pertandingan di daerah Cipatat, Pusdikif Mabesad di Bandung dengan keberangkatan pada,Sabtu (14/10/2017) dan akan dilaksanankan latihan di Cipatat Bandung mulai dari tanggal 15/10/2017 yang mana sesuai rencananya perlombaan Ton Tangkas akan di mulai pada tanggal,5/11/2017,” Harapnya. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top