Hukum & Kriminal

Viral di Medsos Soal Pembentangan  Bendera RMS, Mabes Polri Janji Pelajari Kasusnya

Alexander Pentury

Ambon, Maluku- Pembentangan kain yang mirip dengan bendera Republik Maluku Selatan (RMS) oleh A.P di sirkuit Sepang Malaysia saat menonton acara  Motor GP dan diunggah di akun Media Sosialnya  akhirnya ditanggapi serius oleh pihak Mabes Polri.

Mabes Polri berjanji akan segera mempelajari dan mengusut kasusnya, serta mengintruksikan Polda Maluku untuk mempelajari kasus yang sempat viral di media social itu.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri Brigjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum saat ditemui Wartawan dihalaman Mapolda Maluku, Selasa (31/10/2017).

“Mengenai masalah warga Maluku yang menggunakan atribut yang mirip Bendera RMS di Negara Malaysia, yang jelas apapun yang melanggar aturan hukum tidak dibolehkan, apalagi itu merupakan sebuah pelanggaran hukum maka tidak dibolehkan,”ungkap Jenderal berpangkat satu Bintang emas di Pundaknya itu.

Dikatakan, terkait dengan penanganan kasusnya, pihak Mabes Polri akan bekerja sama dengan pihak Polda Maluku untuk mengusut tuntas kasus ini.

“ Tentunya terhadap kasus ini jika ada pelanggaran hukum akan ada penyelidikan terkait kasusnya,” ucapnya.

Selain itu Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Abner Richard Tatuh yang dikonfirmasi Intim News di halaman Mapolda Maluku, Selasa(31/10/2017) mengatakan , untuk kasus pembentangan yang diduga bendera RMS oleh salah seorang warga Maluku di Sirkuit Malaysia, pihak Polda Maluku akan melakukan penyelidikan terhadap kasusnya.

“Berkaitan dengan permasalahan warga Maluku yang diduga menggunakan bendera RMS di Malaysia tadi sudah ditegaskan oleh Pa Karo Penmas Mabes Polri, sehingga sebagai tindak lanjutnya, pihak Humas Polda Maluku akan menyurati ke pihak Ditreskrimsus  Polda Maluku untuk melakukan penyelidikan terhadap kasus ini, dan bila terbukti,pelaku akan segera diproses secara hukum,” tutur Perwira menengah Polda Maluku berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi itu.

Diketahui, pelaku A.P merupakan anak dari salah seorang Anggota Dewan Provinsi Maluku. A.P sendiri berpose dengan kain yang mirip dengan bendera RMS di Sirkuit Sepang Malaysia yang kemudian menjadi viral di Media sosial . (IN-07)

Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com