Militer

UNIK, CAMAT LEDE DAN PARA KADES JADI TENTARA SEHARI

Yong Mudo

Taliabu,Maluku Utara-  Peristiwa unik sepertinya baru pertama kalinya terjadi saat peringatan Hari Ulang Tahun ke – 72 Tentara Nasional Indonesia yang diperingati di Kec. Lede, Kab. Pulau Taliabu, Prov. Maluku Utara.

Warga masyarakat Kecamatan Lede, baik tua, muda, besar dan kecil dari berbagai profesi semuanya tumpah-ruah di lapangan bola yang menjadi tempat pelaksanaan Upacara peringatan HUT TNI ke – 72 tahun 2017.

Terlihat keceriaan warga masyarakat yang turut gembira dengan mengenakan pakaian terbaiknya mereka tampak mengikuti upacara yang dihadiri hampir seluruh komponen masyarakat Lede. Camat Lede La Wani, S.Pd dan para Kades wilayah Lede hari ini terlihat sangat berbeda, mereka tampak lebih gagah dengan tampilan dalam balutan seragam TNI, walaupun hanya sekedar dipinjamkan oleh anggota TNI Satgas Yonif RK 732/Banau SSK III untuk keperluan Upacara namun kebanggaan jelas terpancar dari raut wajah-wajah mereka, hari ini (05/10.Red) Camat Lede La Wani, S.Pd didaulat menjadi Inspektur Upacara pada Upacara peringatan HUT TNI ke – 72 di Kecamatan Lede.

Dengan didampingi para Kades jajarannya La Wani membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dihadapan ribuan warga masyarakat Lede yang menjadi peserta upacara, apapun profesinya, mereka berbaur menjadi satu dalam khidmatnya pelaksanaan upacara.

Kades Balohang Juris dan Kades Langganu Basirun serta Kades Lede Aliadi masing-masing mewakili masyarakatnya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga terhadap TNI

“ini adalah bukti kedekatan yang sangat dirasakan masyarakat Lede dengan Prajurit Banau, sehingga masyarakat dan semua komponen yang ada di Kecamatan Lede ini mau ikut berpartisipasi” ujarnya.

Sementara itu saat ditemui awak media Danki III Satgas Yonif RK 732/Banau Kapten Inf Ruslan Buton mengatakan bahwa dirinya bangga dengan antusiasme masyarakat Lede dan ini baru pertama kalinya dilaksanakan upacara semeriah ini di Kecamatan Lede, dirinya berharap momentum HUT TNI ke – 72 tahun 2017 ini dapat menjadi awal yang baik bagi pelaksanaan tugas-tugas kedepan.

Berbagai atraksi pun turut ditampilkan demi menambah semarak acara seperti Tari Cakalele khas Taliabu yg dipersembahkan oleh warga Desa Tolong, pertunjukan beladiri tradisional Pencak Silat “Mansa” oleh para pemuda Desa Lede, Desa Balohang dan Desa Langganu serta demonstrasi bela diri Yong Moo Do yang diperagakan dengan tangkas oleh para Prajurit Satgas Yonif RK 732/Banau yang spontanitas langsung mengundang reaksi decak kagum dan aplaus meriah dari penonton. Usai pertunjukan sekejap kemudian masyarakat sudah menyerbu tontonan yang belum pernah ada sebelumnya yaitu Stand pameran Alutsista yang digelar oleh Prajurit Yonif RK 732/Banau. (IN-01/PRM)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top