Militer

Tradisi Ziarah Nasional ke Makam Pahlawan dalam Rangka HUT TNI ke 72

ziarah nasional
Upacara dan ziarah Nasional ke makam Pahlawan yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kapahaha, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, (3/10/2017)

Ambon, Maluku – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke 72, Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ada di Kota Ambon, terdiri dari Angkatan Darat, Laut dan Udara Ambon melaksanakan Upacara dan ziarah Nasional ke makam Pahlawan yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kapahaha, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon,  (3/10/2017).

Bertindak selaku Irup dalam upacara tersebut Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, Danup yaitu Kadisops Lanud Pattimura Letkol Pas Agung. Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XVI/Ptm Brigjen TNI Tri Suwandono, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Tuhuteru, Dan Lanud Pattimura Kol PNB Aldrin P Mongan, Wadan Lantamal IX/Ambon Kolonel Marinir Imam Sopingi dan Dandim 1504/Ambon Letkol Inf Roynald Sumendap.

Tujuan kegiatan yang sudah menjadi tradisi sebelum peringatan HUT TNI ini adalah untuk mengirim doa dan mewarisi nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan pendahulu terdahulu. Ziarah ke Makam Pahlawan, merupakan acara tradisi bagi seluruh jajaran TNI setiap memperingati hari ulang tahun, sebagai cerminan dan membangkitkan lagi semangat kelahiran TNI yang tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan.

Selain itu juga untuk mengenang dan meresapi jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa dan mengingat semangat patriotisme yang telah ditunjukan oleh para pendahulu, maka seyogyanyalah sebagai penerus Bangsa kita wajib mengingat, mengenang dan meneruskan apa yang mereka cita-citakan.

Ziarah Nasional tersebut merupakan wujud penghargaan serta mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam membela dan mempertahankan kemerdekaan. Hal ini ditunjukan dengan peletakan karangan bunga, penghormatan arah para pahlawan serta penaburan bunga. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top