Kota Ambon

Sinode Diminta Tolak Aspirasi Jemaat GPM Elpaputih, Waileruny: Kami Siap Turun Jalan Amankan Keputusan Sinode Soal Jemaat Samasuru

22046604_1921575468107988_2119544047857886373_n

Ambon, Maluku – Pimpinan Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) diminta menolak aspirasi yang disampikan oleh warga Jemaat GPM Elpaputih di kantor Sinode GPM (3/10) lalu. Bahwa salah satu pointer aspirasi yang disampikan oleh Frangky Kakiay selaku kordinator aksi yang mempertanyakan adanya jemaat di dalam jemaat, dimana didalam Jemaat Elpaputih terdapat Jemaat Samasuru.

Kepada wartawan di Ambon, Pengurus Pemuda Pelajar Mahasiswa Samasuru di Ambon, Lukas Waileruny SH mengatakan, pernyataan Frangky Kakiay adalah pernyataan yang tidak benar dan pembohongan kepada publik. Karena status Jemaat Samasuru itu ada dengan wilayah pelayanan dan batas wilayah pelayanannya, serta tidak menggangu aktifitas Jemaat lain yang ada disekitar Jemaat Samasuru sehingga pernyataan dari Frangky Kakiay patut ditolak oleh Pimpinan GPM dan kalupun yang bersangkutan akan murunkan masa yang lebih besar jika pimpinan GPM tidak menyikapi tuntutan mereka, maka Kami dari Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Jemaat Samasuru yang ada di Kota Ambon juga akan munurunkan masa untuk memberikan dukungan kepada Pimpinan GPM untuk tetap mempertahankan semua keputusan yang telah diterbitkan.

“ Jemat Samasuru ada, petuanan dan wilayah pelayanan ada dan tidak pernah serobot tanah dan atau wilayah pelayanan orang lain. Pertanyaan saya kepda Frangky Kakiay apakah sebagian warga Jemaat Elpaputih tinggal pada petuanan dan atau tanah Warga Jemaat GPM Elpaputih atau mereka tinggal pada petuanan Warga Jemaat Samasuru? Seharusnya Farngky jujur bahwa tanah yang mereka numpang tinggal itu adalah milik Warga Jemaat Samasuru jadi jangan memutarbalikan fakta yang sebenarnya kalau tidak puas dengan adanya Jemaat GPM Samasuru seharusnya Frangky Kakiay menyiapkan tempat rumah/lahan bagi Warga Jemaat GPM Elpaputih agar mereka bisa membangun rumah dan jangan tinggal di tanah Warga Jemat Samasuru,” Tutur Waileruny.

Lebih lanjut dikatakan, bila dikemudian hari Frangky Kakiay akan menurunkan masa yang lebih besar memaksakan pimpinan gereja untuk mengikuti kemauan mereka maka Kami Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Samasuru di Ambon akan melakukan aksi yang sama miminta Pimpinan GPM mempertahankan keputusan yang telah diterbitkan. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top