Lintas Maluku

Satroni Ruang Kadispora Maluku, Uang Puluhan Juta Dikuras Pencuri

928-ilustrasi_pencurianistimewa-718x452

Ambon, Maluku – Kasus pencurian kembali terjadi di Kota Ambon, pada Kamis, (26/10/2017) dini hari, uang senilai Rp. 40 Juta raib dibawa kabur pencuri dari dalam ruangan Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi Maluku.

Informasi yang dihimpun Intim News dari sumber di Mapolres P.Ambon dan P.P. Lease yang enggan disebutkan namanya mengatakan, kasus pencurian uang senilai Rp 40 juta yang terjadi di ruangan Kantor Drs. Samuel. E. Huwae, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Maluku, terjadi pada, Kamis (26/10/2017), sekira pukul 07.40 WIT (jam setengah 8 pagi).

Berdasarkan keterangan dari saksi Irwan Sampulawa, S.Hi (29 tahun) yang bekerja sebagai Cleaning Service Kantor Dispora Provinsi Maluku, awalnya saksi sekira pukul 06.15 WIT melaksanakan tugasnya sehari-hari sebagai Cleaning service untuk membersihkan ruangan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku.

“ Pada saat saksi masuk melalui pintu belakang ruangan, saksi melihat pintu belakang sudah tidak dalam keadaan terkunci lagi (biasanya terkunci). Kemudian saat saksi berada didepan ruangan Kepala Dinas dan hendak masuk, saksi terkejut dengan melihat pintu ruangan Kepala Dinas yang sudah dalam keadaan terbuka (biasanya terkunci). Melihat kondisi ruangan Kadis Dispora Provinsi Maluku yang tidak terkunci, dengan rasa deg-degan saksi pun memutuskan untuk masuk ke dalam ruangan Kepala Dinas dan melihat kondisi dalam ruangan Kepala Dinas berasap hitam dan lantainya juga hitam seperti bekas terbakar,” Tutur Sumber Polres Ambon kepada Wartawan di Mapolres Ambon, Kamis (26/10/2017).

Sumber mengatakan, melihat kejadiaan tersebut saksi yang dalam keadaan takut kemudian keluar dari ruangan dan mengunci ruangan Kadis dan menghubungi piket jaga SatPol PP di depan kantor namun anggota Sat Pol PP tidak berada di pos jaganya.

Selain itu menurut keterangan lain yang disampaikan oleh saksi Hamid Sangaji (29 tahun) salah seorang Honorer SatPol PP Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku, menjelaskan saksi yang saat itu bertugas selaku piket jaga malam bersama temannya Charles Tenlima, pada saat berjaga malam saksi mengetahui ruangan Kantor Kepala Dinas tersebut dalam keadaan terkunci. Hal ini dipastikan oleh saksi karena, sekira pukul 01.30 Wit, saksi sempat berpatroli malam ke arah kantor Kepala Dinas dan situasi masih dalam keadaan aman.

“ Selesai patroli malam saksi kembali ke pos jaganya di depan Kantor Kepala Dinas dan sekira pukul 03.00 Wit, saksi bersama temannya langsung tidur. Sekira pukul 06.00 Wit, saksi bangun untuk menaikkan bendera merah putih, dan temannya kembali ke tempat jaganya di Kantor PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar). Sesaat di tinggal Pos jaganya sebentar, saksi pun dikejutkan saat melihat saksi Iwan cleaning service bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Drs. Samuel. E. Huwae, sudah ada di kantornya dan dari sang cleaning servis mengatakan kepada saksi Hamid Sangaji bahwa ruangan Kepala Dinas telah dibobol oleh pencuri,” Ucap Sumber.

Lebih lanjut dikatakan, kasus pencurian di ruangan Kepala Dinas Dispora Provinsi Maluku ini kemudian di laporkan ke pihak Polsek Sirimau.

“ Pukul 08.50 Wit, Anggota Polsek Sirimau beserta anggota identifikasi dan anggota Buru Sergap (Buser) Polres P. Ambon & P. P. Lease tiba di tempat kejadian perkara (TKP) langsung melakukan olah TKP disekitar ruangan Kantor Dispora Provinsi Maluku. Dari olah tempat kejadian perkara didalam ruangan Kepala Dinas Dispora tersebut anggota identifikasi Polres P.Ambon dan P.P Lease mendapatkan sebuah botol serta cairan minyak tanah yang tersebar di lantai dan di atas meja serta bekas pembakaran bantal Sofa,” Tandas sumber.

Kapolsek Sirimau AKP. W.B. Minanlarat, SH, yang di konfirmasi Intim News melalui ponsel seluler, Kamis (26/10/2017), mengatakan untuk kasus pencurian di ruangan Kadispora Provinsi Maluku masih dalam penyelidikan Tim Gabungan Polres P.Ambon dan P.P.Leass dengan Polsek Sirimau. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top