Militer

Presiden Jokowi Mencicipi Kopi Asal Maluku di Stand Mabes TNI

Presiden Cicipi Kopi

Jakarta- Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI, Kapolri dan Beberapa Menteri Kabinet Kerja menghadiri Puncak acara Rembuk Nasional 3 Tahun Pemerintahan Jokowi – Jusuf Kalla yang bertempat di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, kemarin.

Setelah menutup Acara Rembuk Nasional, Presiden Joko Widodo beserta rombongan mengunjungi beberapa Stand Pameran yang berada disamping Hall C Gedung Jakarta Internasional Expo. Stand pertama yang dikunjungi adalah Stand Mabes TNI yang menyajikan produk – produk serbuan teritorial dalam implementasi Program Emas Biru dan Emas Hijau, yang 2 tahun terakhir ini digalakan Kodam XVI/Pattimura. Presiden RI ke-7 tersebut kemudian meninjau bibit pohon, Ikan segar hasil budidaya dan ikan tangkapan langsung oleh Nelayan yang ditampilkan.

Saat di Stand Emas Biru dan Emas Hijau, Jokowi mencicipi kopi khas Maluku yang berasal dari Pulau Seram yang mana umur pohon Kopi tersebut konon katanya sudah ratusan tahun. Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo turut mendampingi memberikan penjelasan kekayaan alam yang ada di Maluku dan Maluku Utara, khususnya terkait dengan Emas biru yakni sumber kekayaan ikan yang selama ini menjadi mata pencarian utama masyarakat Maluku selain cengkeh dan pala.

Adapun Jenis hasil laut yang ditampilkan dalam pameran Rembuk Nasional ini diantaranya Ikan Tuna, Cakalang, Tongkol, Lobster dan berbagai jenis Ikan Kerapu. Jokowi terlihat serius mengamati produk-produk Emas Biru dan Emas Hijau serta menyimak apa yang disampaikan Pangdam XVI/Pattimura. Diharapkan Program ini dapat menjadi perhatian bagi pemerintah. Potensi kekayaan alam Indonesia khususnya kepulauan Maluku sangatlah berlimpah yang mana seharusnya dapat menjadi penopang pembangunan perekonomian Indonesia kedepan.

Pangdam menambahkan,  Program Emas Biru dan Hijau yang dilaksanakan oleh Kodam XVI/Pattimura turut membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat dengan pendekatan keamanan dan kesejahteraan. Dalam pameran kali ini tim Emas Hijau Kodam XVI/Pattimura membagikan secara gratis 1.000 bibit pohon dari berbagai jenis tanaman kepada para pengunjung pameran. Presiden Jokowi beserta rombongan kemudian melanjutkan meninjau stand pameran lainnya.(IN-01/PDM)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top