Politik

Pilgub Maluku, Rekomendasi Empat Parpol Masih Belum Final

-_170820232518-353

Ambon, Maluku – Suksesi pemilihan Gubernur Maluku pada bulan Juni 2018 mendatang, nyatanya tersisa rekomendasi empat partai politik (parpol) yang terkesan masih mengambang, atau mungkin sementara disembunyikan jurusnya atau akan ada kejutan.

Keempat parpol tersebut yakni PDI Perjuangan dengan tujuh kursi, Demokrat dengan enam kursi, Gerindra dengan lima kursi, serta PKB dengan tiga kursi.

Dikonfirmasi via telepon seluler (19/10/2017), Ketua Komisi Pemenangan Pemilu, DPD Demokrat Maluku, Marsel Sahusilawane mengatakan bahwa rekomendasi Partai Demokrat, masih menunggu keputusan DPP dan hingga kini belum ada kepastian kapan rekomendasi tersebut dikeluarkan.

Lain halnya dengan Gerindra, yang juga dikonfirmasi via telepon pun, Stenly Alakaman selaku Wakil Ketua DPD menegaskan, DPP melalui himbauan sang Ketua Umum Prabowo Subianto, masih konsisten rekomendasi tetap diperoleh pasangan Irjen Polisi Murad Ismail dan Hendrik Lewerissa. Hal itu disampaikannya, (19/10/2017). Menurutnya DPP telah adakan rapat bersifat biasa bersama Pengurus DPD Gerindra namun yang dibahas bukan PilGub, namun membahas kesiapan menjelang pemilihan legislatif dan final verifikasi berkas sipol.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Maluku Lucky Wattimury pun mengakui, Ibu Ketum saat ini sangat selektif menentukan rekomendasi siapakah yang layak diusung partai Banteng moncong putih itu. Oleh karenanya tambah Wattimury, Ibu Megawati sangat hati-hati keluarkan rekomendasi karena perhitungan harus menang.

” Kami hanya menunggu, lebih cepat lebih baik, Ibu Ketum keluarkan rekomendasi. Supaya, struktur partai bekerja lebih awal, karena kami akan turun nantinya bersama kandidat yang diusung, untuk sosialisasikan diri,” harapnya.

Disisi lain, Ketua Desk Pilkada Maluku dari PKB, Malaka Yaluhun ungkapkan, untuk rekomendasi PKB, sehari dua sudah diumumkan. Sebutnya, semua kandidat memiliki peluang yang sama peroleh rekomendasi PKB .

” Sehari dua, Saya akan umumkan bersama Ketua Wilayah, arah rekomendasi PKB ke kandidat siapa, ” ungkap Yaluhun. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top