Kota Ambon

Peringati HUT HKGB Ke-65, Bhayangkari Daerah Maluku Gandeng DisDukcapil Kota Ambon Buat Akta Kelahiran Anak Gratis

22522114_1633854549971159_1400053977_o
Ketua Bhayangkari Daerah Maluku Ny. Sinta Juhara memberikan secara simbolis Akta Kelahiran anak secara gratis di Aula Dharma Polda Maluku, (16/10/2017)

Ambon, Maluku – Kepedulian sosial kepada masyarakat dalam rangka peringatan hari kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-65, Bhayangkari Daerah Maluku diprakarsai oleh Bhayangkari Polda Maluku dengan melakukan kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Ambon dalam rangka pembuatan akta kelahiran secara gratis kepada masyakat Kota Ambon yang berlangsung di Aula Dharma Polda Maluku, (16/10/2017).

Pelaksanaan kerja sama bahkti sosial yang dilakukan oleh Pengurus Kemala Bhayangkari Daerah Maluku dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Ambon tersebut dihadiri secara langsung oleh Ketua Bhayangkari Daerah Maluku Ny. Sinta Juhara bersama Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Maluku Ny. Yani Pasaribu dan Kadis Kependudukan dan Capil Kota Ambon Selly Haurissa, beserta Pengurus Bhayangkari Daerah Maluku. Selain itu juga turut hadir dalam tersebut operator pembuatan akta kelahiran dari Dinas Dukcapil Kota Ambon serta warga masyarakat Kota Ambon yang di undang untuk pembuatan akta kelahiran.

22555890_1633854699971144_2061432095_oKetua Bhayangkari Daerah Maluku Ny, Shinta Juhara, dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan kegiatan Bhakti Sosial berupa pembuatan Akta kelahiran anak secara gratis yang dilakukan dalam rangka peringatan HUT HKGB ke-65 tahun 2017 merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh Bhayangkari Daerah Maluku dalam mendukung program Pemerintah untuk pemenuhan hak sipil anak khususnya kepemilikan akta lahir, sebagai wujud tindakan lanjut program Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) sesuai arahan langsung oleh Ketua Umum Bhayangkari Polri.

” Untuk itu diharapkan kepada semua Masyarakat Kota Ambon yang berkenan hadir di saat ini agar dapat memanfaatkan waktu dan kesempatan ini untuk bersegera melengkapi persyaratan dan administrasi yang diperlukan, sehingga proses pengurusan dan penerbitan akta kelahiran anak-anak kita dapat diselesaikan secepatnya. Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif pada peningkatan animo masyarakat dalam mengurus dokumen awal bagi putra putrinya,” tutur Ny Juhara.

Menurutnya, kegiatan Bhakti Sosial berupa pembuatan akta kelahiran anak merupakan dasar bagi pengakuan hukum oleh Negara atas keberadaan seseorang serta memberikan bukti yang otentik yang memiliki kekuatan hukum yang sempurna atas jati diri seseorang. Adapun manfaat akta kelahiran adalah menunjukan hubungan hukum antara anak dan orang tuannya, sebagai bukti awal kewarga negaraan yang dimiliki anak. Selain itu sebagai salah satu persyaratan yang digunakan untuk bersekolah bagi anak dan sebagai salah satu syarat pembuatan kartu keluarga dan KTP, serta banyak manfaat lainnya. Oleh karena itu mengingat pentingnya dokumen akta kelahiran yang harus dimiliki oleh seorang anak, melalui kesempatan ini agar masyarakat untuk bersegera melengkapi persyaratan dan administrasi yang diperlukan, sehingga proses pengurusan dan penerbitan akta kelahiran anak-anak kita dapat diselesaikan secepatnya.

“ Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif pada peningkatan animo masyarakat dalam mengurus dokumen awal bagi putra putrinya. Kepada segenap tim dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Panitia HKGB Tahun 2017 yang terlibat dalam bhakti social ini, saya ucapkan terima kasih atas bantuan dukungan serta kerjasamanya. Semoga kegiatan bhakti sosial ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat bangsa dan negara,” ungkap Istri Jenderal berbintang 2 itu.

Semenetara itu, Kepala Dis Dukcapil Kota Ambon Selly Haurissa dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Ketua Bhyangkari Daerah Maluku beserta Pengurus yang telah melakukan kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Ambon dalam membantu masyarakat Kota Ambon dalam pembuatan Akta kelahiran anak yang diberikan secara gratis kepada masyarakat Kota Ambon pada peringatan HUT HKGB ke-65 Bhayanhkari Daerah Maluku.

” Terima kasih kepada Ketua Bhayangkari Daerah Maluku dan pengurus karena dengan kegiatan ini juga kami merasa bisa melaksanakan progran kami di masyarakat dan kami meminta agar bukan saja disini, bagi siapa saja warga yang mau nantinya bisa datang di kantor kami untuk pembuatan akta kelahiran dan Kartu Keluraga dan KTP di Dinas Dukcapil Kota Ambon, kami bukan saja mengurus akta kelahiran namun kami mengurus dari Lahir sampai kematian dan dalam pembuatan tidak dipungut biaya apapun, kecuali dilegalisir itu baru ada biayanya, sehingga harapan kami kedepan kegiatan ini bisa dilaksanakan terus menerus,” tutur Haurisa.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian secara simbolis akta kelahiran anak pemberian kepada perwakilan 10 warga masyarakat Kota Ambon yang hadir oleh Ketua Bhayangkari Daerarah Maluku. Sebelum membuat akta kelahiran para warga masyarakat yang hadir diminta untuk memasukan data berupa, Kartu Keluarga, KTP, Buku Nikah, Keterangan dari Rumah Sakit/Bidan/Desa serta dilanjutkan dengan proses verifikasi, entry, percetakan dan Pengambilan Akta. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top