Seram Bagian Timur

Pengumuman Hasil Seleksi Panwascam Kabupaten SBT Ditunda

22850363_1333708276741491_1985643928_o
Ketua Panwaslih Kabupaten SBT, Syarifudin Rombory

SBT, Maluku – Pengumuman hasil seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) ditunda. Penundaan ini lantaran peserta yang ada pada dua Kecamatan tidak memenuhi kuota yang sesuai jumlah yang diinginkan.
Kedua Kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Wakate dan Tutuktolu. Hal ini disampaikan Ketua Panwaslih Kabupaten SBT, Syarifudin Rombory kepada wartawan diruang kerjanya, Kamis, (26/10/2017).

“ Terkait dengan pengumuman hasil seleksi calon anggota panwas di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Seram Bagian Timur itu hari minggu tanggal 22, kita sudah melakukan pleno verifikasi berkas keterangan kejiwaan dan keterangan pengadilan dan kami menemukan 2 Kecamatan yang tidak memenuhi kuota yakni keterangan jiwanya tidak sehat. kedua kecamatan itu adalah Wakate dan Tutuktolu,” Ungkap Rombory.

Dikatakan, dari hasil temuan verifikasi itu pihaknya berkordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku untuk menyampaikan persoalaan tersebut. Kordinasi dilakukan dengan mengirimkan surat pada tanggal 24 Oktober 2017 untuk meminta masukkan Bawaslu terkait dengan 2 kecamatan yang tidak memenuhi persyaratan untuk diumumkan.

“ Alhamdulilah hari ini, Kamis (26/10/2017), Bawaslu Provinsi sudah menindaklanjuti surat terkait laporan dari kami. Dalam surat yang dilayangkan itu Bawaslu meminta kepada kami selaku Panwas agar memberikan perpanjangan waktu untuk 2 Kecamatan yang tidak memenuhi kuota dalam hal ini peserta dari kecamatan Wakate dan Tutuktolu. Waktu yang diberikan 4 hari terhitung mulai dari hari ini sampai 4 hari kedepan, ” Katanya.

Dijelaskan, dalam surat yang dilayangkan itu, Bawaslu Provinsi Maluku meminta agar Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) untuk memberikan perpanjangan waktu bagi peserta seleksi dari 2 kecamatan tersebut.

“ Dalam 4 hari ini kami berikan kesempatan untuk teman-teman peserta seleksi dari 2 Kecamatan itu untuk mengurus kembali surat keterangan kejiwaan dan keterangan pengadilan,” Ungkapnya.

Padahal, sesuai jadwal yang dikeluarkan pokja pengumuman hasil seleksi wawancara seharusnya diumumkan pada tanggal 14 Oktober 2017 lalu.
Dia menambahkan, apabila waktu yang diberikan untuk peserta seleksi di dua Kecamatan melengkapi surat keterangannya namun belum juga memenuhi syarat tersebut maka akan dikaji kembali dan langkah yang diambil akan dikordinasikan dengan Bawaslu Provinsi Maluku. Untuk itu dia berharap, para peserta seleksi Panwascam didua Kecamatan yang belum memenuhi syarat tersebut untuk dapat memanfaatkan waktu yang diberikan Bawaslu sebaik mungkin.

“ Seandainya waktu yang kami berikan kepada mereka lalu terjadi hal yang sama maka kami akan Kordinasi dengan Bawaslu Provinsi untuk langkah selanjutnya,” Tegas dia. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top