Kota Ambon

Pemkot dan Polres Ambon Adakan Lokakarya Pilar Polmas

23022974_1648804671809480_441371119_o

Ambon, Maluku – Wujud sinergritas Pemerintah Kota Ambon dan Kepolisian Resort P.Ambon dan P.P.Lease, melalui program pilar Pemolisian Masyarakat (Polmas) sebagai salah satu Program Pemerintah Kota Ambon dengan Kepolisian Resort P.Ambon dan P.P.Lease tentang pemberdayaan Masyarakat, dalam menciptakan situasi Kota Ambon yang aman, nyaman, tentram, tertib dan kondusif.

Hal inilah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Ambon dan Polres P.Ambon dan P.P.Lease dalam kegiatan Lokakarya Pilar Polmas Tingkat Kota Ambon dan Kecamatan Nusaniwe membahas Program Kerja dan Anggaran Polmas serta Pengintegrasian ke RPJMD Kota Ambon, Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), atas kerja sama Pemerintah Kota Ambon, Polres P. Ambon dan P.P.Lease, Divisi Bina Mitra Masyarakat (Binmas) Polda Maluku, Kedutaan Besar Kerajaan Belanda dan IOM (Internasional Organization For Migrations), yang berlangsung di Amaris Hotel, Senin (30/10/2017).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari yakni mulai pada Senin (30/10/2017) dan berakhir pada Selasa (31/10/2017) ini, dihadiri oleh SKPD Pemerintah Kota Ambon, Danramil Sirimau Mayor Kaveleri Eko Puji, Kapolsek Nusaniwe IPTU Sali Lewerissa, Camat Nusaniwe, Pemerintah Desa Amahusu, Bhabinkamtibmas Nusaniwe, Bhabinkamtibmas Amahusu.

Kapolres P.Ambon dan P.P.Lease dalam sambutanya yang dibacakan oleh Kasat Binmas Polres P Ambon dan P.P. Lease IPTU Subhan Amin, mengatakan Pemolisian Masyarakat (Polmas) merupakan grand strategi Polri sejak tahun 2005-2025 sebagai penanggung jawab keamanan dalam negera guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“ Dalam menerapkan grand strategi ini Polri benar-benar merasakan, bahwa untuk melaksanakan tugas pokoknya sepertu yang diatur dalam pasal 13 Undang-Undang nomor 2 tahun 2002,yaitu sebagai pemeliharaan Kamtibmas, penegak hukum yang senantiasa melindungi,mengayomi dan melayani masyarakat khususnya dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Bila dilihat dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat, Polri tidak dapat bekerja sendiri tanpa melibatkan masyarakat,” ungkap Perwira Pertama Polres Ambon berpangkat Inspektur Polisi Satu itu.

Lebih lanjut dikatakan, menurut peraturan Kapolri (PERKAP) nomor 03 tahun 2015 Polmas adalah penyelenggaraan tugas Kepolisian yang mendasarkan pada pemahaman, untuk menciptakan kondisi aman dan tertib yang tidak mungkin dilakukan oleh Polri sepihak sebagai subyek dan masyarakat sebagai objek, melainkan harus dilakukan bersama oleh Polisi dan masyarakat sehingga mampu mendeteksi gejala yang dapat menimbulkan permasalahan di masyarakat, mampu mendeteksi solusi untuk mengantisipasi permasalahan dan mampu memelihara keamanan serta ketertiban dilingkungan.

“ Dalam penerapannya, Polres P.Ambon dan P.P.Lease sudah membentuk Pilar Polmas tingkat Kota Ambon dan Kecamatan Nusaniwe serta 2 desa yaitu Negeri Amahusu dan Kelurahan Nusaniwe sebagai Pilot Project kerja sama IOM. Polri sudah menempatkan Bhayangkara Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di desa-desa,” tutur Kasat Binmas Polres Ambon.

Ditambahkannya, sesuai hasil pertemuan Pilar Polmas tingkat Kota dan Kecamatan tanggal 30 September 2017 dan hasil dengar pendapat antar perwakilan Pilar Polmas dengan Komisi 1 DPRD Kota Ambon, sehingga dirasa perlu untuk menyusun program kerja Pilar Polmas.

Program kerja ini kemudian akan disampaikan Pemerintah Kota Ambon dan DPRD Komisi 1 Kota Ambon untuk mendapat dukungan dana bagi keberlangsungan jalanya kegiatan Polmas dari tingkat Kota sampai di desa-desa di seluruh wilayah Kota Ambon.

“ Diharapkan program kerja yang akan diausun bersama dalam kegiatan lokarya Pilar Polmas dapat terintegrasi dengan rencana pembangunan jangka menengah Daerah (RPJMD) Kota Ambin dan juga dengan dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang ada,” harap Kapolres P.Ambon dan P.P.Lease itu.

Walikota Ambon dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Kota Ambon. R Soplanit, M.Si, mengatakan sebagai Kota yang pernah dilanda konflik kemanusian, masa-masa lalu kelam pernah dilewati oleh masyarakat Kota Ambon membawa pelajaran berharga bagi Masyarakat Kota Ambon tentang pentingnya kedamaian dan persaudaraan antar sesama anak Negeri di Maluku khususnya di Kota Ambon.

Hal ini tentunya menjadi sebuah perhatian serius dari Pemerintah Kota Ambon yang secara langsung mendorong dan meningkatkan upaya-upaya untuk membangun dan menciptakan suasana Kota Ambon yang aman, nyaman, tentram, tertib dan kondusif sehingga proses pembangunan dapat berjalan dengan baik salah satunya melalui program kemitraan pilar Kepolisian Masyarakat (Polmas).

“ Atas nama Pemerintah Kota Ambon, Saya menyambut dan memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan lokakarya pilar Polmas, yang tentunya bernilai strategis bagi penguatan Pilar Polmas di Ambon serta dalam membangun kemitraan antar Polres P.Ambon dan P.P.Lease,Pemerintah Kota Ambin dan Masyarakat guna mengatasi masalah keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dilingkungan masing-masing,” tutur Soplanit.

Lebih lanjut dikatakan, dalam rangka penguatan kerja sama kemitraan agar lokakarya penyusunan program kerja dan anggaran Pilar Polmas serta pengintergrasian dalam Rancangan Pendapatan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Ambon tahun 2018- 2002, pelaksaan Pilar Polmas diharapkan dapat berjalan secara sinergi, terencana dan terukur sehingga hasil kerjanya dapat dinikmati dan dirasakan oleh seluruh Masyarakat di Kota Ambon.

Selain itu Bhabinkamtibmas Amahusu, Brigpol J.D Manuputty yang dimintai tanggap oleh Intim News, terkait dengan peranan Polmas di masyarakat, mengatakan sebagai abdi Negara peranan seorang Polmas dalam mewujudkan situasu Kamtibmas di masyarakat merupakan suatu tanggung jawab yang dilakukan bersama antara Polri,TNI dan Masyarakat.

“ Penerapan Polmas yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas di Masyarakat yang ada di Nusaniwe khususnya di Amahusu selalu dilakukan bersama dengan pihak TNI (Bhabinsa) dan Tokoh-Tokoh Masyarakat dalam penanganan masalah- masalah,” ucap Bhabinkamtibmas Polsek Nusaniwe berpangkat 3 ekor kuning dipundaknya itu.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Bhabinkamtibmas Amahusu, Ketua Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) Jacob Waas peranan Polmas sangat bermanfaat bagi Masyarakat pasalnya setiap permasalah yang terjadi dimasyarakat, pihak Polmas dalam hal ini Bhabinkamtibmas yang ada di lingkungan Amahusu selalu bekerja sama dengan Pemerintah Desa baik itu dalam penyelesaian masalah maupun kegiatan-kegiatan sosila lainnya.

“ Permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat seperti adu mulut, maupun perkelahian kecil-kecil di kalangan masyarakat selalu di selesaikan oleh Bhabinkamtibmas dengan Pemerintah Desa Amahusu. Sedangkan untuk penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pidana, Pemerintah Desa Amahusu langsung berkoordinasi dengan pihak Polsek Nusaniwe sebagai mitra dari Kepolisian,” ungkap Waas. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top