Seram Bagian Barat

Pelantikan Pengurus IPJI Kabupaten SBB Periode 2017-2022

22425691_1497389043689490_65776338_o

SBB, Maluku – Ketua DPW Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) periode 2017-2022, Jacobus Heatubun, SE resmi melantik para jurnalis di Kabupaten SBB dan dihadiri oleh wakil Bupati, Timotius Akerina didampingi para pimpinan SKPD lingkup Pemda SBB di Aula Kantor Bupati, di Piru, Selasa (10/10/2017).

Dalam sambutannya, Jacobus Heatubun mengatakan IPJI terbentuk 28 Oktober 1999 dan sejak reformasi sudah ada 36 organisasi pers dan IPJI terbentuk di 33 Propinsi serta 278 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Catatan kritis dan IPJI siap menjadi mitra terbaik dengan Kabupaten SBB. mari kita hilangkan perbedaan yang ada dan kita semua rukun dalam suasana kekeluargaan sebagai orang basudara.

Heatubun berterima kasih atas bantuan Pemda SBB kepada IPJI kiranya dapat membawa perubahan baik ke depan, semoga Pemda SBB menjadi mitra terbaik bersama IPJI dan PWI di SBB menuju pembangunan masyarakat Madani di Bumi Saka Mese Nusa yang kita cintai.

Sementara, Ketua DPC IPJI SBB Elisa R. Amanopunjo juga berterima kasih atas terselenggaranya pelantikan IPJI periode 2017-2022, IPJI di Kabupaten SBB bukan sebagai pasaing organisasi profesi lainnya, tetapi sebagai mitra Pemda dan organisasi lainnya, IPJI lahir sebagai sosial kontrol terhadap penyelenggara negara dan kepada masyarakat di SBB.

“Kehadiran IPJI sebagai wadah dan berkumpulnya beberapa media yang tergabung didalamnya, IPJI di SBB bukan untuk saling berperang atau mendzolimi, bukan saling menuding atau lainnya, tetapi bagaimana kita satu hati membangun di SBB dengan slogan sebagaimana Bupati dan Wakil Bupati, yakin kami datang for kase bae SBB,” pungkasnya.

Wakil Bupati, Timotius Akerina, SE, M.Si dalam sambutannya mengatakan kehadiran dalam pelantikan DPC IPJI periode 2017-2022 atas penunjukan Bupati, Ketua DPRD serta Sekda sebagai pembina IPJI Kab SBB, sehingga apresiasi dan selamat untuk memimpin organisasi IPJI 5 tahun ke depan. Momentum ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan merajut tali silahturahmi dan sesama anggota tingkatkan penanaman profesionalisme, sejak UU 40 tahun 1999 tentang pers, perubahan sistem demokrasi dan mendapat legitimasi formal dan keadilan dan supremasi hukum.

22375497_1497254173702977_1378491418_oTuntutan masyarakat berekspresi berserikat dan sebagainya, mendapatkan, memperoleh dan menyebarkan informasi yang dilindungi UU pers menghormati hak asasi seseorang dan dikontrol oleh masyarakat. Pers dalam mengawal demokrasin harus menyajikan informasi kepada masyarakat dan orang personil menuju masyarakat Madani, Masyarakat dapat mengkontrol melalui surat pembaca.

“Saya berharap kepada IPJI semua ada untuk kase bae SBB, kase bae Bumi Saka mese Nusa. Dalam sambutan Ketua DPW IPJI dan di Kab SBB suda ada 2 organisasi yaitu PWI dan IPJI, jangan Sampai ada masalah, mari sama-sama bergandengan tangan for kase bae SBB dan perbedaan yang ada ini untuk kasih bae Kab SBB,” jelasnya.

Menurutnya, jangan ada perbedaan diantara kita IPJI dan PWI sama-sama membangun Kabupaten SBB. Pers harus professional termasuk dalam melakukan wawancara misalnya minimal ada tanda pengenal, belajar etika dalam menegur atau menyapa untuk melakukan konfirmasi atau saat hendak melakukan wawancara.

“PWI dan IPJI adalah Mitra dan jangan hanya berita yang tidak baik saja yang diangkat, tetapi berita yang baik juga harus seimbang. Saya harapkan jangan hanya berlindung dalam hak jawab dalam pemberitaan yang tidak baik, karena nama yang tercemar susah untuk diperbaiki, kalau sudah terpublikasi. Tetapi mari kita lakukan wawancara dan penulisan yang balance dan professional. Organisasi harus resmi terdaftar di Kesbangpolinmas Kab SBB. Mitra yang baik adalah yang selalu mengingatkan kalau ada yang salah, yang harus diingat adalah karena pembinanya Bupati, ketua DPRD dan sekda, sehingga harus hati-hati dalam memberikan kritik dan profesionalisme dan memahami Kode etik jurnalis dalam memberikan pemberitaan,” tegasnya.

Dikatakan, luar biasa IPJI Kab SBB karena belum pernah ada pelantikan IPJI di Kantor Bupati, IPJI harus mampu memberikan kritik yang santun, professional dalam pemberitaan serta transparan. Bertepatan bulan depan akan berlangsung pelaksanaan Pesparawi X Propmal peran wartawan IPJI dan PWI bisa bersama-sama dengan pemda, tanggal 17 Nopember 2017 akan kita lakukan penjemputan dan tanggal 19 Nopember 2017 Pembukaan Pesparawi akan diikuti sekitar 3.000 orang dari 11 Kabupaten/Kota dan tanggal 25 Nopember 2017 mereka akan kembali, IPJI harus dapat menginformasikan kepada masyarakat secara menyeluruh dan memberikan kontribusi dalam pemberitaan pelaksanaan Pesparawi X Propmal.

Berikut Struktur pengurus DPC IPJI 2017-2022

Dewan Pembina :
Drs. Muhammad Yasin Payapo, M. Pd
Drs. Julius Maurits Rutasouw
Mansur Tuharea, SH, MM

Ketua IPJI (Elisa R Amanopunjo)
Sekretaris (Matheous Sanyakit)
Bendahara (Doddy Kaisupy, S.Sos)

Anggota :
Suhaida Ode, S.Pd
Rusli Sosal, SE
Yulianto Nur
Alwi Sofyan Latekai, ST
Hasan Narauhubun
Salim Mur Ali, SE
Matheous
Oktovianus Metanfanuan
Arman La Da
Oktovianus Metanfanuan
Arman La Dani
Leonard Nirahua
Jainal Sanaki

Hadir dalam pelantikan, Timotius Akerina, SE, M.Si (Wabup), Mansur Tuharea, SH, MM (Sekda), Drs. Rahardji Sangadji (Asisten II), Kompol Johan Rupilu (Kabag Ops), Iptu Wim Bahi (Kapolsek Piru), Saaban Patty, S.Sos (Kaban Kesbangpolinmas), Jhon Manuputty (Kepala Kesra), Abdulrahman (Kadis Pupera), Jacobus Heatubun, SE (Ketua DPW IPJI), Andreas Uniana (Plt. PWI SBB), pimpinan SKPD lingkup Pemda SBB, Ketua DPC IPJI terpilih (Elisa R. Amanopunjo), Sekretaris (Ongen Sanyakit), Bendahara (Sarmin).

Pelantikan pengurus IPJI diharapkan mampu menjadi penjaga pilar keempat dalam pengelolaan roda pembangunan dengan memberikan kritik dan saran bagi pembangunan masyarakat SBB. (IN-14/JSY)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top