Seram Bagian Barat

Panwascam SBB Resmi Dilantik

Pelantikan Panwas

SBB,Maluku- Posesi pelantikan dan pengambilan sumpah panitia pengawas pemilihan umum (panwasca) se-kecamatan Seram Bagian Barat pada pemilihan gubernur,DPR,DPD,DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden yang berlangsung di aula lantai tiga kantor Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat, Sabtu (21/10/2017).

Posesi pelantikan di hadiri oleh ketiga komisioner Panwaslu SBB masing masing Rahman Nurlete S.Pd. Oktavianus Teosaran St.Jabal Samal S.Pd, asisten satu Sekda SBB Drs Paulus C Pical Msi, Ketua KPUD di ikuti oleh 30 orang perwakilan 10 kecamatan sementara satu kecamatan yaitu kecamatan taniwel tidak di ikutkan dalam proses pelantikan tersebut.

Ketua komisioner Panwaslu Kab SBB Raman Nurlete S.Pd mengatakan, pemilihan umum gubernur,DPR,DPD,DPRD,PRESIDEN dan WAKIL PRESIDEN tahun 2017 sudah semestinya di kelolah dengan manajemen yang baik untuk menjamin pelaksanaan pemilihan langsung,umum,bebas jujur, adil serta melahirkan pemimpin yang bersih memiliki kredibilitas dan integritas. Olehnya itu, Panwaslu Kabupaten Seram Bagian Barat mengadakan pelantikan Panwascam sehingga memiliki legalitas sah akan pelaku utama dalam mewujudkan seluruh agenda pengawasan menuju suksesnya pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Maluku DPR,DPD,DPRD Dan Presiden Dan Wakil Presiden.

Untuk itu tambah Nurlete, Panwascam bersikap tidak deskriminatif dalam menjalankan tugas dan wewenang serta melakukan pembinaan maupun pengawasan terhadap pelaksaan tugas pengawas lapangan. Di samping itu pihaknya juga berharap kepada panwascam dapat menerima dan menindak lanjuti laporan adanya dugaan pelanggaran Pemilu.

“Kami juga mengakui memang proses pelantikan hari ini hanya di ikuti oleh 10 kecamatan,sementara kecamatan yang tidak di ikutkan dalam proses pelantikan tersebut yaitu kecamatan Taniwel di mana salah satu anggota panwascam terlibat dalam parpol dan kami telah menyurati parpol tersebut apabila yang bersangkutan terlibat maka kami akan memanggil nilai tertinggi urutan ke empat dari tiga anggota yang sudah dinyatakan lolos dalam seleksi kemarin,” paparnya.

Di tempat yang sama Bupati SBB yang di wakili oleh asisten satu sekda Drs Pc.Pical M.si.mangungkapkan, bahwasanya pemilihan umum merupakan perwujudan dari kedaulatan rakyat untuk melahirkan kedaulatan rakyat dengan berdasarkan pemilihan lansung umum ,bebas,rahasia dan adil sehingga dapat terwujud pemimpin rakyat. Salah satu faktor penting keberhasilan penyelenggaraan Pemilu di daerah baik Kabupaten ataupun kota kesemuanya itu terletak pada kesiapan serta profesionalitas penyelenggaraan Pemilu itu sendiri.

Ditambahkannya, untuk mencapai kesuksesan dalam penyelenggaraan Pemilu perlu didasarkan pada strategi bagi setiap anggota Panwascam serta sinergitas bersama dengan pemerintah daerah untuk mengawal proses pemilihan di bumi Saka Mese Nusa.

“Saya juga berharap dalam proses pilkada gubernur dan wakil gubernur maluku kedepannya kita dapat membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk terus mengawal proses pilkada tahun 2018,” harapnya. (IN-13/IN-14/JSY)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top