Maluku Tengah

Jelang Pilkada 2018, KPUD Malteng Adakan Jalan Santai  

MASOHI

Masohi, Maluku – Jelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), gelar jalan santai bersama masyarakat, Minggu, (29/10/2017), pukul 06.30 Wit.

Jalan santai yang digelar oleh KPUD Malteng tersebut, diikuti oleh ribuan masyarakat dan di hadiri oleh Bupati Malteng Tuasikal Abua bersama Forkopimda maupun pimpinan SKPD di jajaran Pemda Malteng.

MASOHI 2Ketua KPUD Ridwan Tomagola dalam arahannya mengatakan, pemilukada Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota serta Gubernur dan Wakil Gubernur secara langsung merupakan perwujudan demokrasi di tingkat lokal.
Menurutnya, KPUD sebagai penyelenggara akan membuka ruang kontestasi politik secara luas kepada masyarakat untuk menentukan kepala daerah yang memiliki kompetensi, kapabilitas, integritas maupun aksebilitas yang mampu mensejahterakan masyarakat maupun peningkatan kemajuan daerah.

“ Daerah sangat membutuhkan pemimpin yang bukan saja memiliki kreatifitas dan inovasi, namun juga pemimpin yang selalu mendapat kepercayaan dari masyarakat luas,” ucap Tomagola.

Pemilukada serentak 2018 kata dia, merupakan pemilukada serentak gelombang III yang berlangsung sejak di tetapkan oleh Pemerintah dan KPU sejak tahun 2015 lalu.

Tomagola menjelaskan, kalau suhu politik 2018 sangat hangat dalam penyelenggaraannya karena berdekatan dengan penyelenggaraan pemulu Legislatif dan pemilu Presiden tahun 2019.
Olehnya itu sambungnya, penyelenggara pemilu di setiap tingkatan harus mengelola setiap tahapan secara professional dan berintegritas dengan mengutamakan pelayanan yang adil kepada semua elemen masyarakat sebagai peserta pemilihan.

“ Tugas penting dan fundamental KPUD sebagai penyelenggara pemilu yaitu melayani pemilih secara baik dan konsekuen sehingga masyarakat dapat menyambangi hak konstitusionalnya secara baik, sehat, cerdas mandiri maupun tanggung jawab,” Tandasnya.

Tomagola dalam arahannya sangat mengharapakan agar dalam penyelenggaraan pemilukada Maluku tahun 2018 nantinya, penyelenggara maupun satuan parti politik harus melakukan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat dan menghindari tekanan-tekanan serta managemen politik uang kepda masyarakat. (IN-18)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top