Ekonomi

Insurance Day, FKLJKD Komitmen Tingkatkan Pemahaman Berasuransi

22768486_1947057595556644_317992972_o

Ambon, Maluku – Perayaan Hari Asuransi Nasional (Insurance Day) tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 18 Oktober 2017 lalu, baru dilaksanakan pada, (21/10/2017), berlangsung di Pantai Sopapei, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, oleh Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Daerah (FKLJKD) Provinsi Maluku.
FKLJKD terdiri dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Lembaga Jasa Keuangan Asuransi dan Penjaminan lainnya di Maluku.
Ketua Panitia Insurance Day 2017 Provinsi Maluku, Ramadansyah kepada wartawan, mengatakan peringatan Insurance Day tahun ini mengusung tema, “Indonesia Berasuransi” dengan sub tema “Meningkatkan Pemahaman Asuransi”.

” Berbagai kegiatan telah kita lakukan, salah satunya yang menarik yakni kegiatan sosialisasi yang diinisiasi oleh OJK dengan menghadirkan 1.500 pelajar. Ini merupakan salah satu teknik atau cara kita memperkenalkan asuransi kepada masyarakat, terutama kepada para siswa/siswi di tingkat SMA, selain masing-masing perusahaan asuransi melakukannya sendiri,” jelasnya.

Disebutkan, puncak perayaan Insurance Day 2017 dikemas dengan kegiatan rekreasi yang dilakukan untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekompakan antara lembaga keuangan, baik asuransi maupun penjamin. Sehingga, dapat menumbuh kembangkan tingkat kerjasa sama antar instansi, demi kemajuan asuransi di Maluku.
Sementara itu, Ketua FKLJKD Provinsi Maluku, Marganti Sitinjak yang juga Kepala PT Jasa Raharja Cabang Maluku menambahkan, forum asuransi dibentuk untuk menjadi wadah diskusi, bagaimana memperkenalkan dunia asuransi secara luas kepada masyarakat.

Menurutnya, kegiatan ini juga dalam rangka mengingatkan masyarakat maupun sesama anggota bahwa berasuransi sangat penting untuk menjaga keuangan di masa depan.

” Salah satu untuk menjaga keuangan kita di masa depan adalah berasuransi dan menabung. Kita berusaha mengedukasi masyarakat dengan cara literasi keuangan,” ucap Marganti.

Karena itu sambungnya, panitia mengemas berbagai acara dan salah satunya melakukan sosialisasi literasi keuangan di sekolah-sekolah yang dipimpin oleh Ketua OJK Maluku Bambang Hermanto, sebagai pihak yang mengawasi asuransi dan penjaminan.

Ditambahkan, potensi asuransi di Maluku khususnya di Ambon, cukup bagus, hanya saja masih ada orang yang menganggap bahwa asuransi itu, hal-hal yang masih tabu atau belum mengerti tentang asuransi. Karena itu, dengan sejumlah kegiatan yang dilakukan, maka ke depan masyarakat di daerah ini peduli terhadap asuransi.
Senada dengan itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Maluku, Bambang Hermanto mengungkapkan, Asuransi jangan dipandang tidak ada manfaatnya, karena hanya mengeluarkan uang terus, tetapi justru yang harus kita bentuk adalah cara pikir masyarakat bahwa asuransi adalah proteksi/perlindungan masa depan.

” Dengan berasuransi kita lebih nyaman dan lebih tertata untuk bisa merencanakan masa depan khususnya terkait dengan masalah keuangan,” tuturnya.
Oleh karena itu, dirinya berharap perusahaan asuransi terus aktif melakukan edukasi dan meningkatkan promosi, tidak hanya di Kota Ambon tetapi di seluruh Kabupaten/Kota di Maluku,” ujarnya. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top