Kota Ambon

Hakim Tipikor PN Ambon, S.M.O Siahaan Tutup Usia

22528279_2131628260397968_374470619917131359_n

Ambon, Maluku – Keluarga besar Mahkamah Agung RI khusunya keluarga besar di lingkup Pengadilan Negeri Ambon dirundung dukacita atas wafatnya salah satu hakim terbaiknya, yang tutup usia akibat sakit  di Rumah Sakit Sumber Hidup (RS GPM) pada, Jumat (20/10/2017) dini hari. Hakim Sintong Manogari Opinion Siahaan SH.MH atau akrab disapa SMO tutup usia setelah sempat dibawa ke Rumah Sakit Sumber Hidup, akibat penyakit jantung yang telah lama dideritanya.

Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, sang Hakim Tipikor pada PN Ambon ini mendapatkan perawatan medis karena mengeluh sakit dibagian pinggang pada, Jumat subuh sekira pukul 03:00 WIT oleh tetangga almarhum. Tidak lama mendapat perawatan medis, almarhum menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 03.15 wit
Almarhum S.M.O Sihahaan (62 tahun) meninggalkan Istrinya, Intan Dameria,SH dan dua anaknya, Olivia Arista dan Mario Samudra yang berada di Pontianak (Kalimantan Barat).

Sebelum diberangkatkan ke Pontianak Kalimtana Barat, dilakukan upacara pelepasan pada pukul 15.00 WIT di ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Ambon. Usai upacara kedinasan pelepasan Almarhum, pada pukul 16:30 WIT, jenazah Almarhum S.M.O Sihahaan diberangkatkan ke Pontianak untuk dimakamkan menggunakan penerbangan Batik Air.

SMO Siahaan SH.MH dilahirkan di Pematang Siantar, Medan, Sumatera Utara pada 26 April 1956, sepanjang hayatnya, Ia mengawali kariernya sebagai Hakim pada Pengadilan Negeri Sintang sejak 26 November 1987. Kariernya sebagai hakim terus digelutinya hingga diangkat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Muaro Eungo (Maret 2004), dan Ketua Pengadilan pada Pengadilan Negeri Pemalang (September 2006). Sebelum ditempatkan di Pengadilan Negeri Ambon pada 7 Januari 2016, almarhum bertugas di Pengadilan Tinggi Pontianank pada 16 April 2014.
Alamarhum SMO Siahaan dimata rekan-rekannya adalah sosok orang tua sekaligus guru sehingga rekan-rekannya sesama hakim dan para PNS lingkup PN Ambon menjadikanya sebagai panutan. Selama mengabdi di Pengadilan Negeri Ambon kurang lebih 1 tahun 11 bulan, SMO Siahaan SH.MH dikenal sebagai sosok hakim yang sederhana dan ramah kepada siapapun. Beliau juga dikenal sebagai pribadi yang gemar memberikan petuah yang menyentuh hati, serta sangat humoris.

Salah satu rekan almarhum, Jimmy Wally mengakui, segenap keluarga besar Pengadilan Negeri Ambon merasa sangat kehilangan sosok yang berwibawa ini. Semoga dengan amal dan ibadahnya, beliau mendapat ganjaran terbaik dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Selamat Jalan, SMO Siahaan, semoga beristirahat dengan tenang. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top