Maluku Tengah

Dirjen PDT Buka Pameran Pembangunan di Malteng

masohi 1

Masohi, Maluku – Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu (PDTu) pada Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, Johozua Max Yoltuwu, membuka Pameran Produk Unggulan Desa (Prudes), Produk Unggulan Kawasan Perdesaan Prukades) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tingkat Provinsi Maluku serta pameran pembangunan dan ekspose ketransmigrasian tingkat Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), yang dilaksanakan di lokasi pantai Ina Marina Masohi, (28/10/2017), dan dihadiri oleh ribuan masyarakat kota Masohi dan sekitarnya maupun Bupati Malteng Tuasikal Abua,SH bersama FORKOPIMDA dan jajaran SKPD di lingkup Pemda Malteng.

Yoltuwu dalam sambutannya mengatakan, pengucuran dana APBN berupa Dana Desa, secara besar-besaran oleh pemerintah pusat yang di kucurkan langsung ke satuan kerja (satker) Desa, sehingga pengelolaanya secara langsung oleh Kepala Desa dan jajarannya.
masohi 3Menurutnya, pemerintah pusat telah mengucurkan DD pada tahun 2017 mencapai 127 Triliun. Itu berarti bahwa, ada 75 ribu desa di seluruh Indonesia, yang memperoleh DD dengan besaran DD yang diterima oleh Desa mencapai Rp. 1 Miliar.
Sementara untuk tahun 2018 nantinya jelas JMY, juga mencapai Rp. 1 miliar sehingga semua kepala desa termasuk di Provinsi Maluku dan di Kabupaten Malteng harus mampu membijaki dan mengelola DD tersebut, kepada masyarakat sehingga masyarakat di desa mendapat kesejahteraan sesuai dengan keinginan pemerintah.

“ Sebelum pelaksanaan program DD tersebut, Bupati Malteng Tuasikal Abua,SH, telah memiliki ikon positif, dalam pengembangan desa di Malteng, dengan berbagai terobosan dan inovasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Malteng, melalui program Tabaos Bupati Membangun Negeri,Saya sangat mengapresiasi program tersebut,” ungkap Yoltuwu optimis.

Terobosan bupati Malteng tersebut jelasnya, akan memberikan dampak positif terbesar bagi masyarakat Malteng, dalam pembangunan berskala kemasyarakatan sehingga masyarakat bisa bangkit dari ketertinggalan menuju masyarakat yang sejahtera.

“Ikon positif Tuasikal ini, mendapat kepercayaan pemerintah pusat melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Kementerian Desa sehingga Bupati Tuasikal Abua dan masyarakat Malteng ,telah mendapat penghargaan dari kedua kementerian tersebut,” jelasnya.

Kendati demikian Prudes dan Prukades sambung Yoltuwu, merupakan program unggulan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi.
Dalam program kementerian desa tersebut, Yultuwu membenarkan kalau Malteng mendapat pembangunan embung serbaguna dari Kemendes PDT dan Transmigrasi.

Dalam pengelolaan DD tersebut, Yoltuwu sangat mengharapkan agar semua kepala desa di Malteng, mampu mengelola anggaran DD secara objektif dan professional sehingga masyarakat desa mendapat kesejahteraan secara merata berdasarkan pada program-program unggulan desa. (IN-18)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top