Maluku Tengah

Danramil Haruku Lantik 70 Anggota Saka Wira Kartika

22292383_1622173027805978_1117980352_o
Danramil 1504-07/Pulau Haruku, Kapten Infanteri Rudi Ramli Zeth Budo melantik 70 anggota Dewan Satuan Karya Pramuka (Saka) Wira Kartika di lapangan upacara SD Negeri 1 Pelauw, Desa Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, (5/10/2017)

Ambon, Maluku – Komandan Koramil (Danramil) 1504-07/Pulau Haruku, Kapten Infanteri Rudi Ramli Zeth Budo melantik 70 anggota Dewan Satuan Karya Pramuka (Saka) Wira Kartika setempat, (5/10/2017).

Kepala Penerangan Korem 151/Binaiya, Mayor Czi Gerald. N.L.Tobing kepada Intim News, Jumat (6/10/2017) mengatakan pelantikan tersebut digelar usai pelaksanaan upacara peringatan hari ulang tahun TNI yang ke-72, di lapangan upacara SD Negeri 1 Pelauw, di desa Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

70 anggota Dewan Saka Wira Kartika yang dilantik merupakan anggota Gerakan Pramuka tingkat penegak dari Gugusdepan (Gudep) SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 4 Pulau Haruku, Madrasah Aliyah Al Islah Kailolo serta Madrasah Aliyah Nadil Ulum Ory.

M. Amin Tuasamu, guru SMA Negeri 2 Pulau Haruku yang juga menjabat sebagai Andalan Saka pada Kwartir Ranting Pulau Haruku dilantik sebagai pimpinan Dewan Saka Wira Kartika se-Pulau Haruku.
Sedangkan Talib Mararabessy, anggota Gerakan Pramuka tingkat penegak di Gudep yang sama, terpilih menjadi ketua Dewan Saka Wira Kartika.

” Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi Pramuka tingkat penegak dan pandega, guna meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan ketrampilan di bidang matra darat. Hal ini didasarkan pada surat keputusan bersama antara TNI Angkatan Darat dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor Perkasad 182/X/2007 tentang Kerjasama dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Bela Negara, dan diperkuat dengan Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Nomor 13/Munas/2008 tentang Saka Wira Kartika,” tutur Perwira Korem berpangkat Mayor itu.

Dikatakannya, dengan dilantiknya 70 anggota Gerakan Pramuka tingkat penegak se-Pulau Haruku sebagai anggota Saka Wira Kartika, maka mereka akan berada di bawah bimbingan langsung Koramil setempat.
Danramil 1504-07/Pulau Haruku Kapten Infanteri Rudi Ramli Zeth Budo, mengatakan ke depannya TNI dan para anggota Dewan Saka Wirakartika setempat bisa bersama-sama memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Ia juga berharap tidak hanya mendukung, masyarakat juga bisa bersama-sama berproses dengan TNI dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara.

“Saya baru 10 bulan bertugas di sini, ke depan kita bisa bersama-sama mempertahankan kegiatan seperti ini, selalu bersama dengan rakyat. TNI kuat karena bersama dengan rakyat,” ucapnya.

Mendukung ucapan Danramil, Ketua Dewan Saka Wira Kartika Pulau Haruku Talib Mararabessy merasa bangga terpilih sebagai ketua. Sebagai putra Maluku, ia akan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang akan diemban ke depannya demi membanggakan Indonesia.

Sementara itu, Sekretaris Pramuka Ranting Pulau Haruku Arjun Latuconsina dalam kesempatan yang berbeda mengatakan pihaknya akan selalu mendukung dan memberikan upaya terbaik guna menciptakan generasi muda yang cerdas dan berkarakter.

“Kami selaku Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Pulau Haruku akan selalu memberikan yang terbaik agar terciptanya putera-puteri bangsa yang bersih, cerdas dan berkarakter,” katanya.

Acara pelantikan Saka Wira Kartika juga dihadiri Camat, Kapolsek, para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), anggota TNI/Polri, para purnawirawan TNI dan veteran, anggota Pramuka serta pelajar se-Pulau Haruku.
Dalam kesempatan itu, Kapolsek Pulau Haruku Iptu Muhammad Nur dan Camat setempat M.H. Latuconsina juga sempat menyampaikan harapan terbaik mereka bagi TNI.

Mereka berharap ke depannya TNI semakin kuat, solid dan mempererat hubungan dengan masyarakat untuk menjaga keutuhan dan kestabilan NKRI.

“Kami sangat mendukung sekali. Saya lihat hari ini antisipasi dari seluruh SKPD yang ada di Kecamatan Pulau Haruku juga sangat luar biasa,” kata Iptu Muhammad Nur. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top