Seram Bagian Barat

Bupati SBB Panen Perdana Bawang Merah di Waesala

Panen bawang

SBB, Maluku – Bupati Seram Bagian Barat Drs.H.M.Yasin Payapo M.Pd menghadiri panen perdana bawang merah di dusun Masika Jaya, Desa Waisala, Kecamatan Huamual Belakang, Kab SBB, Senin (23/10/2017).

Selain panen perdana bawang merah, Bupati SBB juga memberi bantuan terhadap kelompok tani yang tersebar di tiga dusun, diantaranya dusun Masika Jaya sebanyak enam kelompok penerima bantuan dengan bibit bawang merah sebanyak 30 kg. Sedangkan dusun air merah satu kelompok penerima bantuan dengan luas lahan dua hektar untuk penanaman kelapa dan dusun Hanunu terdiri dari dua kelompok penerima bantuan pupuk jagung masing-masing sebanyak 30 kg dengan lahan seluas dua hektar.

Dalam pelaksanaan panen raya bawang merah tersebut bupati Drs.H.M.Yasin Payapo M.Pd mengungkapkan, sektor pertanian merupakan sektor perioritas utama pembangun daerah.

Selain itu tambah payapo,sapta usaha tani juga merupakan petunjuk pengelolaan penanaman bawang merah secara teratur sehingga dapat menghasilkan hasil tani yang berkualitas dan dapat diproduksikan ke berbagai daerah. Olehnya itu para petani telah melaksanakan penanaman bawang merah secara baik dengan jarak penanaman bawang merah secara teratur sesuai benih yang di unggulkan mulai dari pemupukan berimbang, pengaturan air bersih dengan kebutuhan serta pengendalian hawa penyakit secara terpadu dan teratur.

Untuk itu sambung Payapo,kegiatan panen perdana bawang merah oleh kelompok tani taruna Dusun Masika Jaya di harapkan menjadi titik pengembangan bawang merah di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Di tempat yang sama Soleman Haulusi , Ketua kelompok tani taruna Mayasifa mengatakan, pihaknya telah memanfaatkan bibit bawang merah yang diperoleh dari pemerintah daerah melalui dinas pertanian dan perkebunan dengan baik.

Namun baginya dengan mengelola tanah yang luas namun tidak ditunjang dengan alat pertanian yang memadai juga merupakan kendala utama pihaknya. Hal itu berdampak pada efesiensi waktu produksi juga sangat berpengaruh terhadap harga jual pasaran karena kondisi iklim dan waktu panen. (IN-13)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top