Lintas Maluku

TNI/Polri Kerahkan 2.400 Personil Amankan Tour De Molvccas Di Maluku

TDM Cover
Waka Polda Maluku Brigjen Pol Drs Daniel Pasaribu dalam arahannya, pada upacara pengamanan Tour De Molvccas, di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Jumat (15/9/2017)

Ambon, Maluku – Perhelatan even balap sepeda Internasional Tour de Molvccas (TdM) yang akan berlangsung di Provinsi Maluku pada tanggal 18- 22 September 2017 akan datang, diikuti oleh 120 peserta dari 30 Negara. Olehnya itu akan dilakukan pengaman oleh jajaran TNI/Polri dan semua Instansi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah dalam mensukseskan perhelatan Internasional tersebut. Untuk itulah sebagai kesiapan pengamanan jelang perhelatan even Internasional TdM tersebut, jajaran TNI/Polri yang ada di Maluku akan menurunkan sekitar 2.400 personil, yang akan diturunkan secara langsung ke lokasi-lokasi yang akan dilalui oleh peserta balap sepeda TdM nanti. Hal ini disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Polda) Maluku, Kombes Pol Heru TS, kepada Wartawan dalam upacara pengamanan Tour de Molvccas di lokasi Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Jumat (15/9/2017).

“ Untuk proses pengamanan even Internasioanal Tour de Molvccas di Maluku yang akan dimulai tanggal 18-22 September 2017 dan yang terbagi dalam 5 etape (Lintasan), akan diamankan oleh 2.400 personil TNI/Polri, yang mana untuk etape 1 yang dilalui dari Piru (Kabupaten SBB) sampai ke Masohi (Kabupaten Maluku Tengah) dengan jarak 779,7 KM, kemudian etape 2, dimulai dari Wahai sampai ke Bula (Kabupaten Seram Bagian Timur) dengan jarak 95,58 KM. Etape 3 dari Bula ke Wahai dengan jarak 85 KM, etape 4 dari Masohi ke Waipirit dengan jarak 141,5 KM, etape 5 dari Pantai Namalatu (Latuhalat) ke Gong Perdamaian (Kota Ambon) dengan memutar 7 kali keliling Kota Ambon dengan jarak 179 KM, dengan total keseluruhan etape mulai dari etape 1 sampai 5 sekitar 1,751 KM,” ungkap Perwira Menengah Atas Dirlantas Polda Maluku berpangkat 3 bunga melati di pundaknya itu.

tdm isiDikatakannya, untuk koordinasi pengawalan dalam pelaksanaan TdM, peserta balap sepeda, akan dikawal dari bagian depan dan belakang oleh Tim khusus yang telah disiapkan oleh Polda Maluku.

“ Untuk pengamanan tiap etape, penanggung jawabnya ada pada tiap-tiap Polsek dan Polres yang ada pada di Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Timur dengan titik pengaman berupa pengamanan rute-rute yang akan dilalui peserta, juga pengaman penginapan,” tutur Kombes Pol Heru TS.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk rute-rute yang masih ada permasalahan seperti dari etape 1 sampi 4 masih ada hewan-hewan dari masyarakat yang berkeliaran. Sehingga pihak Kepolisian Polda Maluku telah berkoordinasi dengan 3 Pemerintah Kabupaten setempat agar memberitahu masyarakat untuk tidak melepas hewan-hewan peliharaan mereka ketika berlangsungnya pelaksanaan Tour De Molvccas nanti.

“ Harapannya seluruh etape yang dilalui oleh Peserta TdM baik secara infrastruktur maupun masalah-masalh kecil di masyarakat bisa diatasi oleh Pemerintah Kabupaten setempat. Untuk etape ke 5 yang merupakan etape terberat karena harus menutup jalan protokol yang mana akan dilalui 7 kali putaran oleh peserta TdM, Kami dari Dirlantas Polda Maluku telah menghimbau kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk meliburkan para pegawai dikarenakan jalan protokol yang di pakai dalam perhelatan TdM. Kami juga menghimbau kepada masyarakat Kota Ambon ketika pelaksanaan Tour De Molvccas tanggal 22 September tidak memarkir kendaraannya secara sembarangan karena kecepatan yang akan ditempuh oleh peserta balap sepeda Tour De Molvccas berkisar antara 60-70 KM perjam,” Harap Dirlantas Polda Maluku.

Waka Polda Maluku Brigjen Pol Drs Daniel Pasaribu dalam arahannya, pada upacara pengamanan Tour De Molvccas, mengatakan pelaksanaan TdM merupakan salah satu ajang balap sepeda Internasional yang levelnya sama seperti pelaksanaan kegiatan balap sepeda Internasioanal dibeberapa daerah di Indonesia seperti Tour The Singkalang, Tour The Makassar, dan Tour The France bila diamankan secara baik oleh personil pengaman dalam Tour De Molvccas maka akan menjadi sebuah kebanggaan bagi jajaran TNI dan Polri di Maluku.
“ Kita mempunyai kesempatan untuk menyelenggarakan Tour tingkat Internasional yang mana dalam pelaksanaan even ini, personil pengamanan TNI/Polri yang ada di Maluku mempunyai tugas sangat penting untuk mengamankan pelaksanaan kegiatan TdM,” tutur Jenderal berpangkat 1 bintang emas di pundaknya itu.
Dikatakannya, seperti yang diketahui, ajang balap sepeda Internasional ini menggunakan sarana lalu lintas yaitu sarana jalan raya yang digunakan oleh semua masyarakat yang ada di Kota Ambon ini, namun pada kesempatan ini diprioritaskan oleh para pembalap yang keamanannya dipertanggung jawabkan ke pihak TNI dan Polri. Untuk itu dirinya menyarakan agar setiap lintasan yang dilalui oleh peserta balap sepeda Tour De Molvccas nanti, mulai dari titik start sampai titik finish dapat disterilkan dan diamankan secara baik dan benar oleh personil-personil pengamanan yang ada disetiap titik-titik lintasan yang akan dilalui oleh pserta TdM.
“ Saya sarankan mulai dari titik start sampai titik finish dengan kondisi jalan haru diketahui oleh peserta balap sepeda Tour De Molvccas. Untuk itu bagi semua personil yang sudah ada surat perintahnya dan diatur dengan masing-masing komandan regunya harus bertindak secara baik dan profesional di setiap titik-titik yang dilalui oleh peserta Tour De Molvccas. Laksanakanlah tugas dengan baik dalam mengamankan setiap lokasi yang harus disterilkan, kondisi jalannya harus diatur secara baik jangan sampai menimbulkan kecelakanan bagi peserta balap sepeda TdM,” ungkap Brigjen Pol Daniel Pasaribu.
Upacara pengamanan personil TdM tersebut diakhiri dengan simulasi pengamanan lokasi-lokasi yang akan dilalui oleh peserta TdM di dalam Kota Ambon yang dimulai dari Pantai Pintu Kota Kecamatan Nusaniwe sampai ke lokasi Gong Perdamaian Dunia Kota Ambon yang dikawal oleh 1.400 personil TNI/Polri dan Dinas Perhubungan Provinsi Maluku dan Kota Ambon. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top