Kota Tual

Tingkatkan SDM, Pemkot Tual dan Malra Gelar Pelatihan Pendidikan Guru TK dan SD

tual

Malra,Maluku- Pemkot Tual dan Pemkab Malra menggelar Pendidikan dan pelatihan bagi Guru TK dan SD di balai room Suita Hotel, Langgur, Malra, Jumat (22/9/2017).

Kegiatan yang mengemas tema ” MERAKI” diselenggarakan atas kerja sama Dinas Pendidikan dan kebudayaan kota Tual dan Maluku Tenggara, beserta Yayasan Cahaya Kei dan Yayasan Charis Malang.

Turut hadir wakil Bupati Malra, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Malra dan Kota Tual, Pimpinan beserta Anggota DPRD. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malra dan kota Tual beserta staf. Ketua dan Pengurus Yayasan Cahaya Kei dan Yayasan Charis Malang. Peserta pendidikan dan pelatihan.

Wakil Bupati, Drs, Yunus Serang, dalam sambutannya berharap semoga kegiatan ini dapat menghasilkan Guru -guru sebagai tenaga pendidikan yang berkualitas.

tual2

Didasari oleh kesadaran tentang arti pentingnya kedudukan seorang anak sebagai calon penerus generasi bangsa, maka Perhatian serius pada perkembangan anak anak usia taman kanak-kanak, (TK) dan Sekolah Dasar, (SD) menjadi sangat penting dan merupakan kewajiban semua pihak, mulai dari orang tua, Masyarakat, Pemerintah, sekolah, sampai organisasi kemasyarakatan. Tanggung jawab ini sebagaimana telah digariskan dalam undang undang nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, yang menghendaki agar anak Indonesia dapat tumbuh, sehat, cerdas bercita cita serta berakhlak mulia.

Serang, menambahkan, kewajiban dan tanggung jawab keluarga dan orang tua sebagaimana diatur dalam undang undang nomor 23 Tahun 2002 tersebut adalah mengasuh memelihara melindungi serta menumbuh kembangkan anak sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat pada anak itu sendiri.

“Negara saat ini menitikberatkan pendidikan Karakter sebagai pilar penting dalam pembentukan anak anak Indonesia yang memiIiki wawasan kebangsaan serta sikap Patriotisme dan mampu menangkal sifat sifat negatif yang muncul sebagai akibat dari kesalahan dalam pendidikan di usia anak anak. Saya menyambut positif dan mengapresiasi kegiatan kerjasama Yayasan Cahaya Kei dan yayasan Charis Malang yang difasllitasi oleh TK Menorah, kota Tual untuk melaksanakan Pendidikan dan pelatihan bagi Guru guru Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar Se-Kota tual dan Kabupaten Maluku Tenggara,”tambahnya.

Pendldikan dan pelatihan Ini, diharapkan dapat membentuk pribadi guru agar tidak hanya menjadi Tenaga Pengajar melainkan harus menjadi Tenaga pendidik.

Baginya, Pendidikan dan Pelatihan ini dapat memberikan strategi serta pedoman Pendidikan dan membangun Karakter bagi anak sejak dini, agar dapat tumbuh sebagai pribadi yang berguna bagi Masyarakat, Keluarga, Nusa dan Bangsa. keterlibatan aktif dari Orang Tua, Guru Pendidik, dan Lembaga Kemasyarakatan lain untuk lebih serius mengambil peran masing masing dalam membangun pendidikan anak anak di Maluku Tenggara dan Kota Tual.

“Hal ini semata mata bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, melainkan tanggung jawab semua yang merasa diri sebagai Putra dan Putri Larwul Ngabal. Di dada Saudara melekat kewajiban dan tanggung jawab yang amat besar untuk mendidik anak anak Maluku Tenggara dan Kota Tual,” terangnya.

Mendidik berarti berhubungan dengan Knowladge (Pengetahuan), Spiritualiti (Iman), attitud (Perilaku).

“Percaya bahwa kesuksesan harus diawali dengan keseimbangan antara pengetahuan, Iman dan perilaku yang baik ini menjadi dasar Keberhasilan kita,” Ungkap Serang. (CR-O1).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top