Militer

Tingkatkan Proses Penanganan Kasus Secara Online, Ditreskrimum Polda Maluku Gelar Pelatihan Aplikasi E-Penyidik

21392615_1589607174395897_1141262043_o

Ambon, Maluku – Sebagai Polda tipe A proses peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola data penyelidikan secara online terus dilakukan oleh jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Maluku khususnya Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku dengan melakukan kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan satuan wilayah (satwil) dalam memgimplementasikan input Laporan Polisi (LP) dan Input Data Kasus (IDK) ke dalam aplikasi Penyidikan Elektronik (E – Penyidik) oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri yang berlangsung di ruangan rapat utama (Rupatama) Polda Maluku, Rabu (6/9/2017).

Kegiatan pelatihan yang melibatkan seluruh jajaran Kasat Reskrim Polres jajaran dan Perwakilan Penyidik Reserse yang ada di Polres dan Polsek jajaran se Polda Maluku dilingkup kerja Ditreskrimum Polda Maluku ini, dibuka secara langsung oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Maluku Kombes Pol. Gupuh Setiyono,S.I.K yang didampingi oleh Wadir Narkoba Polda Maluku dan Ketua Tim Pelatihan Peningkatan Kemampuan Satwil Bareskrim Polri Kombes Pol. Hindra S.Sos,MM.

21392631_1589607147729233_2035160724_oSelain itu kegiatan pelatihan meningkatkan kemampuan satuan wilayah (satwil) dalam memgimplementasikan input Laporan Polisi (LP) dan Input Data Kasus (IDK) ke dalam aplikasi Penyidikan Elektronik (E – Penyidik) oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menghadirkan Tim Bareskrim Polri yang berjumlah 4 (empat) orang yang diketuai oleh Kombes Pol. Hindra S.Sos,MM.
Dir Reskrimum Polda Maluku Komber Pol. Gupuh Setiyono, S.I.K mengawali sambutannya menyampaikan untuk mempersiapkan proses pelatihan ini agar berjalan secara baik, ada beberapa hal yang harus diutamakan oleh jajaran Kasat Reskrim dan Perwakilan Penyidik Reserse yang ada di masing-masing Polres maupun Polsek, diantaranya adalah terkait dengan peningkatan kemampuan penyidik dalam pelaksanaan tugas sehari hari, yang dilakukan dengan serius, serta penyerapan materi secara baik sebagai bekal pelaksanaan tugas di kesatuan masing-masing.

“ Secara keseluruhan tidak semua Anggota atau Kasat Reskrim yang ada dijajaran Polres dan Polsek hadir dalam pelaksanaan pelatihan ini. Hal ini dikarenakan kondisi dan rentan jarak dan waktu beberapa Polres yang jauh dari Polda Maluku. Terima kasih juga bagi Kasat Serse dan Kasat Narkoba Polres jajaran yang sudah dapat berusaha hadir pada pelatihan ini, “ ungkap Perwira Menengah Ditrekrimsus berpangkat 3 bunga melati di pundaknya itu.

Selain itu selaku ketua tim pelatihan dari Bareskrim Polri, Kombes Pol. Hindra S.Sos,MM, mengatakan kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan satuan wilayah (satwil) dalam memgimplementasikan input Laporan Polisi (LP) dan Input Data Kasus (IDK) ke dalam aplikasi Penyidikan Elektronik (E – Penyidik) yang dilakukan oleh Bareskrim Polri kepada jajaran Kasat Reskrim Perwakilan Penyidik Reserse yang ada di Polres dan Polsek jajaran se Polda Maluku tentang penggunaan alat komunikasi dan aplikasi elektronik dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

” Sebagai Perwira Bareskrim Polri, Saya juga pernah bertugas di Polda Maluku beberapa tahun yang lalu, untuk itu melalui kegiatan pelatihan dari Bareskrim Mabes Polri ini diharapkan setiap personil Reserse Kriminal yang ada dijajaran Polres maupun Polsek se Polda Maluku harus mampu mengoperasikan aplikasi data Laporan Polisi (LP) dan Input Data Kasus (IDK) secara Online sebagaimana yang sudah dirancang melalui sistem Pelatihan Input Data (Piknas) dari Pusat Informasi Nasional (Pusiknas) Mabes Polri yang bertujuan untuk mempermudah setiap jajaran Reserse Kriminal yang ada dijajaran Polres dan Polsek se Polda Maluku dalam memproses suatu kasus yang ditangani dalam penyidikan,” tuturnya. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top