Militer

Tim EML RUMKITAL dr.F.X. SUHARDJO LANTAMAL IX Latih Mahasiswa Keperawatan Poltekes KEMENKES Malang

WhatsApp Image 2017-09-27 at 08.20.01

Ambon, Maluku – Tim Evakuasi Medis Laut (EML) Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. F. X. Suhardjo Lantamal IX Ambon memberikan pelatihan kepada mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Malang, Program Studi (Prodi) DIII Keperawatan Blitar, di Kampus Prodi DIII Keperawatan Kota Blitar Jawa Timur, pada tanggal 22 sampai dengan 23 September 2017 lalu.

Pelatihan yang diikuti sebanyak 77 mahasiswa yang dibimbing oleh Lettu Laut (K) Agus Wijaya dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan di bidang evakuasi medis laut. Selain itu, sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian alumni kepada almamater.

“Kebetulan pelatihan digelar saat masa damai. Sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai Tentara Nasional Indonesia (TNI), maka kami TNI AL berkontribusi meningkatkan ilmu kebaharian, dengan melatih adik-adik mahasiswa Poltekes,” ujar Lettu Laut (K) Agus Wijaya dalam rilis kepada Intim News, Kamis (28/9/2017).

Lebih lanjut dikatakan, pada praktik penyelamatan perorangan, para mahasiswa diajarkan bagaimana menolong korban yang tenggelam dengan berenang perorang, kemudian membawa korban ke tempat aman. Sedangkan evakuasi secara tim, dilakukan dengan salah seorang penyelamat berenang terlebih dahulu untuk mengamankan korban dari dalam air. Lalu, tiga orang lainnya menyusul dengan membawa tandu air untuk membawa korban ke darat.
Pelatihan evakuasi medis laut sangat berguna untuk mempersiapkan mahasiswa kesehatan melalui penyesuaian profesional, baik dalam bentuk pengalaman belajar di klinik maupun lapangan secara komprehensif. Dengan latihan ini mahasiswa mengetahui dan bisa mengaplikasikan ilmu evakuasi medis laut dalam pertolongan korban yang sesungguhnya.

Diharapkan para mahasiswa nantinya setelah mempelajari evakuasi medis laut mempunyai kemampuan yakni untuk penyelamatan kecelakaan di laut maupun korban tenggelam.

“Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat. Dan kami berharap ke depannya bisa dilangsungkan lagi pelatihan-pelatihan ini,” kata Kepala Prodi DIII Keperawatan Blitar Sri Winarni, S.Pd, M.Kes. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top