Maluku Tengah

Polmas Dit Pol Air Ingatkan Para Nelayan Kapal Ikan Antisipasi Cuaca Ekstrim

21886795_1601645479858733_1194934940_o
Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpol Air) Polda Maluku menggelar Polmas berupa himbaun kepada para nahkoda kapal KM Maya Mandiri 02 yang dilakukan oleh KP. Tanjung Alang XVI-3001 Kecamatan Lehitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (18/9/2017)

Ambon, Maluku – Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat, kepedulian kepada masyarakat terus dibangun oleh Institusi Kepolisian Daerah (Polda) Maluku dalam penyampaian informasi cuaca bagi para nelayan yang ada di Desa Alang, Kecamatan Lehitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (18/9/2017).

Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Abner Richard Tatuh kepada Intim News, di ruangan kerjanya, Senin, (18/9/2017) mengatakan bentuk kepedulian kepada masyarakat akan kondisi alam yang selalu mengancam kehidupan para nelayan yang ada di pesisir Desa Alang maka Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpol Air) Polda Maluku menggelar Polmas berupa himbaun kepada para nahkoda kapal KM Maya Mandiri 02 yang dilakukan oleh KP. Tanjung Alang XVI-3001.

” Dalam kegiatan Polmas yang dilakukan oleh Direktorat Pol Air Polda, Komandan KP. Tanjung Alang XVI-3001 AKP Suryo Pandowo menyampaikan himbauan kepada ABK kapal agar selalu memperhatikan alat-alat keselamatan di atas kapal serta memperhatikan cuaca buruk saat berlayar. Kepada nahkoda dan ABK KM. Maya Mandiri 02, di wilayah perairan Laha (air manis) untuk memperhatikan beberapa point yaitu di beritahukan kepada para nelayan agar selalu mengecek alat keselamatan seperti life jacket, ring boy, liferaft, rocket parasut signal, APAR dalam keadaan layak digunakan. Alat komunikasi seperti radio harus dalam keadaan baik siap digunakan,” tutur Perwira berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi.

Dikatakannya, dalam kegiatan Polmas tersebut, atensi komandan kapal KP. Tanjung allang AKP Suryo Pandowo selaku Ketua Tim pelaksana Kegiatan Polmas menyampaikan larangan keras kepada para ABK kapal pencari ikan yang berada di perairan Tanjung Alang agar ketika melakukan pelayaan untuk mencari ikan harus memperhatikan cuaca dilaut yang saat ini masih memprihatinkan.

” Dilarang keras dan menjadi penekanan penting bagi para nelayan tidak memaksakan kehedak untuk berlayar dan melaut karena mengingat situasi kondisi saat ini cuaca di laut sangat ekstrim serta tidak menentu dan beresiko menimbulkan bencana,” ungkap AKP Suryo Pandowo. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top