Kota Ambon

PMII Maluku Kecam Aksi Pembantaian Rohingya

21534722_488063651552190_1200146252_o
aksi solidaritas yang dikoordinir PKC PMII Maluku, KORPRI PMII dan Pengurus PMII Cabang Ambon berlokasi di Pelataran Gong Perdamaian Ambon

Ambon, Maluku – Aksi kepedulian terhadap tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya, Myanmar mendapatkan dukungan dari berbagai pihak di tanah air. Salah satu dukungan digelar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Aksi solidaritas yang diberi nama ‘Lilin Perdamaian For Rohingya’ tersebut berlangsung serentak di seluruh Indonesia, Rabu (6/9/2017) malam.

Di Kota Ambon sendiri, aksi solidaritas yang dikoordinir PKC PMII Maluku, KORPRI PMII dan Pengurus PMII Cabang Ambon berlokasi di Pelataran Gong Perdamaian (7/9/2017).

Kepada wartawan, Ketua PKC PMII Maluku Lahol Yeubun, menjelaskan aksi yang dilakukan merupakan bentuk solidaritas PMII atas tragedi kemanusiaan yang sementara berlangsung di Rohingya.
Aksi ini dilakukan di lokasi Gong Perdamaian, sebagai symbol, bentuk dukungan PMII agar, kehidupan damai juga dapat dirasakan masyarakat di Myanmar secara khusus di Rohingnya.

Di sela-sela aksi, Lahol menyebutkan, PMII secara organisasi telah mengeluarkan sikap atas peristiwa di Rohingnya, yakni, mengutuk keras pembunuhan massal dan pengusiran terhadap warga Rohingya.

“Atas nama kemanusian, kami meminta pemerintah Myanmar untuk menghentikan apa yang terjadi di Rohingnya,” kecamnya.

Selain itu, PMII meminta Presiden RI, melayangkan protes dan mendesak pemerintah Myanmar menghentikan aksi kebiadaban tersebut.

“Kami berharap pemerintah Indonesia, menawarkan diri sebagai mediator untuk memecahkan masalah tersebut. Sebaliknya juga mengusir Kedutaan Myanmar dari Indonesia, apabila aksi ini belum juga diselesaikan. Bahkan mengeluarkan Myanmar dari ASEAN,” tandasnya.

Dia berharap, seluruh kader PMII bersatu, untuk mengawal dan memberikan dukungan bagi masalah Rohingya. Mengecam aksi militerisasi Myanmar. (IN-02)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top