Maluku Tenggara

Peringatan Hari Agraria Nasional ke-57, Pemkab Malra Serahkan 1100 Sertifikat Gratis

sertifikat tanah gratis

Malra,Maluku- Peringati Hari Agraria yang ke-57, Pemkab Malra bersama BPN menyerahkan 1100, sertifikat gratis. Untuk tahapan pertama Program Nasional, (PRONA) Sertifikat gratis sudah diterima oleh beberapa perwakilan dari masyarakat.

Demikian diungkapkan Kepala BPN Malra/Tual dalam upacara peringatan hari Agraria ke 57 kemarin (25/9/2017).

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Malra, Drs. Yunus Serang. Kepala Pertanahan Malra/Kota tual. Adolof Apono. Para SKPD serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Malra/Kota Tual. Notaris, dan para Kepala Desa serta perwakilan masyarakat yang akan menerima sertifikat Prona.

Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Sofyan Djalil Dalam Sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati,Malra Yunus Serang mengatakan, Agraria/pertanahan sampai saat ini masih merupakan masalah Bangsa.

Ketimpangan struktur penguasaan pemilikan penggunaan dan pemanfaatan tanah menyebabkan masih tingginya angka kemiskinan, pengangguran, sengketa dan konflik tanah serta kerusakan lingkungan.

Pembangunan ekonomi yang dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masih terhambat oleh karena belum maksimalnya pengaturan masalah pertanahan.

Kementerian Agrarian dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dibentuk guna menyatukan fungsi tata ruang dan pertanahan sehingga dapat mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Spirit pengintegrasian tata ruang dan Pertanahan ini perlu di jiwai guna, mewujudkan pembangunan yang menyeluruh hingga ke tingkat provinsi serta kabupanen/kota.

Usai Upacara, Kepala Badan Pertanahan, Adolof Apono Kepada wartawan mengatakan, Untuk Tahun 2017, ini sudah ada tahapan yang dapat diselesaikan yakni Kab Malra, dan Kota Tual, dengan target 600 Bidang tanah, dan Kab Aru yang merupakan perwakilan BPN Malra, dapat 500, Bidang, artinya sudah ada 1100, sertifikat Sudah selesai dan puncak penyerahan kepada beberapa perwakilan, untuk tahapan pertama usai upacara tadi. (CR-01).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top