Maluku Tenggara Barat

Pemuda Waturu Minta Dukungan Pembangunan Asrama Mahasiswa

bangun asrama

Ambon,Maluku- Pemuda Waturu Mezach Andre Luturmas meminta dukungan masyarakat Waturu, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, di seluruh Indonesia untuk membantu pembangunan hingga penyelesaian Asrama Mahasiswa Waturu di Ambon, Maluku, yang direncanakan selesai pembangunannya pada 2018 mendatang. Peletakkan batu pertama pembangunan Asrama Mahasiswa Waturu yang baru di kawasan Benteng, depan Kantor Pertaminan Benteng, Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, telah dilakukan pada Sabtu (16/9) setelah pembongkaran bangunan lama pada 7 September lalu.

’’Pembangunan Asrama Mahasiswa Waturu ini sesuai Rancangan Anggaran Belanja Panitia Pembangunan ditaksir mencapai Rp.609 juta. Karena itu, atas nama pemuda Waturu di Ambon, saya sangat mengharapkan uluran tangan dan bantuan siapa saja, terutama masyarakat Waturu di seluruh penjuru Indonesia untuk memberikan kontribusi material maupun anggaran bagi penyelesaian pembangunan Asrama Mahasiswa Waturu yang baru nanti,’’ ajak Luturmas kepada pers di Ambon, Senin (18/9).

Mantan Ketua Cabang Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Ambon periodesasi 2012-2014 itu menyatakan pembangunan Asrama mahasiswa Waturu merupakan kebutuhan mendesak dan strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) asal negeri itu agar kelak mereka dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan Negara di wilayah ini maupun di wilayah-wilayah lain di Tanah Air.

’’Bagi kami, Asrama Mahasiswa Waturu ini bukan sekadar tempat persinggahan, tetapi keberadaannya (Asrama Mahasiswa Waturu) sangat penting dan merupakan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kualitas SDM Waturu secara khusus maupun mahasiswa asal MTB secara umum sehingga kelak berperan penting bagi kemajuan bangsa dan Negara,’’ paparnya.

Luturmas mengungkapkan akibat pembongkaran bangunan yang lama menyebabkan mahasiswa Waturu yang selama beberapa tahun menetap akhirnya memilih tinggal di kos-kosan.

’’Yang kita ketahui bersama kalau tinggal di kos-kosan itu kan kebutuhan akan semakin membengkak dari hari ke hari. Nah, Asrama Mahasiswa Waturu merupakan jawaban untuk membantu meringankan biaya hidup mahasiswa asal Waturu yang memilih kuliah di Ambon,’’ ungkapnya.

Tak luput Luturmas menyampaikan apresiasi pada pihak-pihak yang telah membantu tenaga, pikiran maupun pendanaan untuk pembangunan Asrama Mahasiswa Waturu di Ambon. ’’Melalui kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih pada seluruh pihak atas bantuannya selama ini,’’ serunya.

Di kesempatan serupa Ketua Panitia Pembangunan Asrama Waturu di Ambon, Hanock Awawata menjelaskan Asrama mahasiswa Waturu yang telah dibongkar untuk pembangunan asmara yang baru telah didirikan sejak 1962 silam. ’’Sejak 1962 hingga saat ini, asrama mahasiswa Waturu telah membantu penyelesaian studi ribuan mahasiswa yang kini telah bertitel guru besar di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia dan banyak dari mereka yang telah bekerja di hampir banyak sektor pembangunan, pemerintahan maupun dunia usaha di seluruh pelosok Nusantara maupun di luar negeri. Jadi memang Asrama Mahasiswa Waturu sebelumnya punya peran yang tak bisa dianggap sepele oleh siapa pun,’’ ujarnya.

Awawata menguraikan pembangunan asrama mahasiswa Waturu sudah dilakukan tiga kali dalam 55 tahun terakhir.

’’Asrama mahasiswa yang baru akan dibangun di atas tanah seluas lebih kurang 10 meter x 12 meter dan dibangun dua lantai di mana terdapat 20 ruang (kamar), satu ruang tamu, dua kamar mandi dilengkapi toilet, dan dapur.Rencananya asmara mahasiswa Waturu yang baru nanti akan menampung lebih kurang 60 mahasiswa. Sangat representatif,’’ urainya.

Awawata juga mengharapkan partisipasi masyarakat Waturu di mana pun untuk penyelesaian pembangunan asmara mahasiswa Waturu yang baru. ’’Kepedulian dan bantuan masyarakat Waturu di mana pun untuk pembangunan asrama mahasiswa Waturu di Ambon sangat kami harapkan,’’ tutupnya.

Ikut hadir saat peletakkan batu pertama pembangunan Asrama Mahasiswa Waturu di Ambon, dua Pembina Ikatan Pemuda Pelajar Waturu (IPPW) Theo Watuguly dan Ape Luturmas. (IN-01/ROS)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top