Seram Bagian Timur

OKP SBT Minta DPRD Awasi Penggunaan Anggaran TdM

tour-de-mollucas

Bula,Maluku – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Agil Rumakat didampingi wakil ketua II Abdullah Kelilau, menerima kunjungaan sejumlah utusan organisasi kepemudaan (OKP) region SBT, Senin (25/09/2017). Kunjungan tersebut dalam rangka meminta ketegasan DPRD mengawasi taransparansi penggunaan anggaran oleh panitia dalam kegiatan Tour de Moluccas beberapa waktu lalu.

“Dikesempatan itu kami berdiskusi banyak perihal kunjungan mereka. Intinya kami bangga dengan langkah teman-teman OKP untuk meminta ketegasan kami DPRD melalui dialog,” ungkap Agil Rumakat ketua DPRD SBT saat dikonfirmasi.

Dikatakan, Anggaran yang disetujui untuk mendukung even besar tersebut tidak serta merta terkucur langsung ke panitia penyelenggara. Melainkan terkucur secara bertahap ke beberapa instansi yang punya kaitan langsung dalam menunjang kegiatan yakni, Dinas Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Transmigrasi dan Dinas Lingkungan Hidup.

“Kalau penggunaan dana segera itu tidak sama sekali diberikan kepada panitia,” akuinya

Ditambahkannya, kita patut berbangga, panitia yang hanya bermodalkan sponsor atau sawadaya saja telah berhasil menyelenggarakan TdM ini hingga nama SBT terangkat bukan saja di mata nasional melainkan internasional.

“Panitia sendiri mencari anggrannya dari sponsor dan entah mungkin juga dari swadaya/partisipasi masyarakat,” akuinya.

Dikatakan, sebagai ketua DPRD, dirinya mengajak perwakilan pemuda intelektual ini untuk berdiskusi guna memetik buah-buah pikiran kreatif membangun SBT kedepannya.

“Dalam diksusi itu pun mereka banyak menyampaikan pikiran konstruktif, prduktif terkait tindak lanjut pelaksanaan TdM itu sendiri,” terangnya.

Agar supaya, sambung Rumakat, berbicara pariwisata di SBT tidak hanya berakhir pada kegiatan TdM itu saja. Diskusi yang diakui Rumakat berlangsung cukup santai tersebut juga menyinggung pembangunan di daerah-daerah yang terkesan terisolasi.

Menutup keterangannya, Rumakat berharap, peran aktif OKP di SBT terus digenjot dan berjalan sebagaimana mestinya karena pembangunan di daerah Ita Wotu Nusa ini butuh dukungan dari semua pihak.

“Sering-seringlah menyambangi kantor DPRD guna menularkan ide-ide kretif, atau ada atensi yang ingin disampaikan, kami tetap membuka diri,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hadir dalam kunjungan ke rumah wakil rakyat tersebut diantaranya, perwakilan HMI, KAMMI, IMM, GMNI, LMND dan PMII serigional kabupaten SBT. (IN-01/ASR)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top