Maluku Tenggara

LIPI Tual dan Pemkab Malra adakan Expo & Open House Loka Konservasi Biota Laut

LIPI

Malra,Maluku- LIPI Tual, Bersama Pemkab Malra mengadakan acara Expo dan Open House serta Loka Konservasi Biota Laut.  Kegiatan yang mengusung tema, “Mengenal Lebih Dekat Dunia Penelitian dan Laut di sekitar Kita” itu diharapkan dapat mengembangkan ilmu dan pengetahuan khususnya dalam kaitannya dengan konservasi Biota Laut secara berkelanjutan di Malra dan Kota Tual.

Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) kini telah tumbuh dan berkembang sebagai salah satu daerah yang diperhitungkan di provinsi Maluku.

“Hal ini Perlu disyukuri, karena pada hari ini kita diperkenankan membuka pelaksanaan Ekspo dan Open House Loka Konservasl Biota Laut LIPI Tual dan menghadirkan peserta dari Desa-desa/Ohoi-ohoi, UMKM Binaan, Pelajar dan Masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual. Acara tersebut dilaksanakan di aula LIPI Tual, dan berlangsung selama dua hari,  sejak tanggal 22 – 24 September, “ jelas Bupati dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten II Bidang perekonomian dan pembangunan, Malra. Ir. Lukas Retraubun, Sabtu (23/9/2017) kemarin.

Bupati mengatakan, Pemda dalam RPJMD Malra tahun 2013 2018 senantiasa mendorong pemanfaatan potensi potensi daerah yang tentu berbasis lestari dan berkeIanjutan serta menetapkan Pencanangan Kawasan Konservasi Perairan yang diharapkan dapat melindungi keberlanjutan sumber daya terutama bagi sumber sumber daya yang terancam dan mengatur pemanfaatannya secara arif dan bijaksana. Kerjasama ini juga dimaksudkan untuk melakukan studi dan kajian ilmiah untuk pengelolaan kawasan Konservasi, dan membuat Rencana Kerja Tahunan (Join workplan) untuk melakukan pengembangan kawasan konservasi perairan Kei Kecil Barat.

Langkah Strategis ini lahir dari kesadaran tentang pentingnya pengelolaan yang efektif dan efisien ditengah ancaman degradasi sumber daya pesisir dan laut serta habitatnya yang semakin memprihatinkan akibat tekanan pemanfaatan yang berlebihan dan tidak ramah lingkungan.

Tahun 2015 yang lalu, telah diresmikan juga Maluku Tenggara Agra-Marine Technopark. Semua ini merupakan bentuk kerjasama efektif yang melibatkan LIPI  sebagai lembaga riset yang akuntabel di Indonesia. Kegiatan kegiatan tersebut, tentu bertujuan untuk mewujudkan Kei sebagai poros maritim yang disesuaikan dengan produk potensi kelauta di kedua daerah.

Tujuan pelaksanaan Ekspo Pusat Diseminasi Loka Konservasi Biota Laut Tual dan Malra ini, adalah untuk Memasyarakatkan hasil hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan oleh LIPI Malra serta untuk mensinergikan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan oleh LIPI Malra dan tual khususnya UPT LKB.

Bupati juga berharap, Surga tersembunyi yang tidaklagi tersembunyi di kepulauan kei ini harus dapat kita pertahankan kelestariannya dengan cara bijak dalam memanfaatkan keanekaragaman sumber kelautan yang kita miliki.

“LIPI telah membantu masyarakat Maluku Tenggara dalam memberikan alternatif pengelolaan potensi kelautan yang kita miliki, maka manfaatkan ltu dengan baik. Saya percaya, keberhasilan Malra ada di laut, pengelolaan yang baik, modern dan berkualitas akan menghasilkan peningkatan sektor perekonomian secara signifikan,” jelasnya. (CR-01).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top