Kota Ambon

Komunitas Greeneration Foundation Gelar Lokakarya SocMed4SocGood Wujudkan Penggunaan Medsos Tanpa Hoax

21534546_206701076533436_343389873_o

Ambon, Maluku – Kepedulian kepada generasi muda di Maluku dalam mengatasi maraknya berita- berita Hoax yang sering dimunculkan oleh pengguna media sosial akhir-akhir ini, menjadi suatu tanggung jawab yang harus dibangun oleh kalangaan generasi muda di Maluku dalam memanfaatkan media sosial sebagai sumber informasi yang baik kepada masyarakat. Hal inilah yang dilakukan oleh komunitas Greeneration Foundation yang bekerja sama dengan Green Mollucas, Young South East Asia Leaders Initiative dan Kedutaan Besar Amerika dalam lokakarya Social Media For Sosial Good (SocMed4 SocGood), Jumat (8/9/2017).

Lidwina Marcella selaku Ketua Tim Greeneration Foundation lokakarya SocMed4 Soc Good, kepada wartawan di aula Kantor RRI Ambon, mengatakan sebagai komunitas yang peduli akan perkembangan generasi muda di Maluku tentang pemanfaatan media sosial yang baik merupakan tanggung jawab bersama semua kalangan generasi muda di Maluku sebagai promotor penggunaan sosial media dalam mengatasi informasi-informasi hoax yang sering dilakukan oleh pengguna medsos di Maluku.

” Program ini hadir tidak terlepas pisahkan dari peran pengguna internet yang semakin meningkat dan pengguna media sosial di Indonesia yang menduduki peringkat terbanyak di dunia yang menggunakan medsos,” tutur Srikandi Muda dari Greeneration Foundation.

21534551_206701313200079_799978446_oDikatakannya, sesuai hasil penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) yang dilakukan dilakukan selama tahun 2016 menemukan dari 256,6 juta penduduk Indonesia, sebanyak 132,7 juta orang diantaranya telah terhubung ke internet. Sementara pengguna media sosial, sebagaimana yang dianalisis dan sesuai riset dari TNS Inggris menyebutkan Indonesia berada diperingkat ke-3 pengguna instagram dan merupakan pengguna terbesar ke 3 Twitter dan pengguna ke 4 terbesar social facebook.

” Pelaksanaan lokakarya SocMed4 Soc Good di Kota Ambon sekaligus menjadi Kota ke 5 dari Program # SocMed4SocGood di tahun 2017, setelah sebelumnya dilaksanakan di beberapa di Indonesia seperti Pontianak, Palembang, Banyuwangi, Maumere. Sehingga untuk kali ini Greeneration Foundation bekerja sama dengan Green Mollucas, sebagai mitra lokal pelaksana,” ucap Lidwina Marcella.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk lokakarya SocMed4SocGood yang dilakukan di Kota Ambon melibatkan 150 peserta dari berbagai komunitas generasi muda Maluku, para pelajar dan juga Mahasiswa yang nantinya akan menjadi promotor sosialisasi penggunaan media sosial dalam menangkal informasi-informasi hoax oleh pengguna medsos di Maluku. Nara sumber yang dihadirkan adalah Federick Ivander Christian yang merupakan Founder Of Baronda Ambon dan juga Akhyari Hananto yang merupakan Founder Of Good News dari Indonesia.

” Harapan kami dalam pelaksanaan lokakarya yang dilakukan oleh Greeneration Foundation di 7 Kota kedepan pada tahun 2017 ini semakin banyak peserta yang ikut aktif digerakan sosial di Indonesia, dimulai dari media social dan terwujud kehidupan nyata tanpa hoaxs,” Harapnya. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top