Militer

Dandim/1503 Malra Nonton bareng  Film G-30S/PKI  

nobar tual

Malra,Maluku- Dandim/1503 Tual/Malra, Letkol Arh Hilarius Karnedi Bersama prajurit dan juga Keluarga Besar Makodim 1503/ menggelar pemutaran Film Penghianatan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia, di lapangan Olahraga Futsal  Kodim. Nonton bareng ini juga dihadiri seluruh  anggota keluarga TNI dan warga sekitar.

Tingginya antusiasme penonton membuat lapangan Futsal tempat  pemutaran film tumpah ruah. Film yang diputar berdurasi relatif pendek, karena sebagian adegan yang dinilai mengandung unsur kekerasan tidak ditayangkan.

Usai acara nonton bareng Dandim 1503/ Tual-Malra, Letkol Arh Hilarius Karnedi kepada Wartawan mengatakan, Presiden RI, sudah mengijinkan, Mendagri juga demikian, dan Perintah Panglima sudah jelas. “ Kami selaku institusi TNI akan patuh dan tunduk terhadap perintah Panglima TNI,” tandasnya.

Pemutaran film G30S/PKI ini dinilai penting untuk mengingatkan kita semua dalam menambah pengetahuan sejarah.

Tujuan pemutaran ulang film ini untuk mengingatkan,  bangsa Indonesia pernah memiliki pengalaman sejarah yang kelam, karena adanya ideologi lain yang pernah hidup dan berkembang, yang mencoba merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dandim menegaskan, maksud pemutaran film ini bukan untuk memprovokasi kelompok Kelompok tertentu, namun lebih kepada pesan moral kepada seluruh anak bangsa, bahwasanya kita pernah punya sejarah gelap di masa lalu, dimana PKI Pernah ada dan melakukan pemberontakan selama dua kali di Negara kita, dimana tercatat pada tahun 1948 dan tahun 1965.

“Untuk itu kepada generasi muda saat ini maupun yang akan datang agar jangan pernah melupakan sejarah, Karena Pesan Almarhum Presiden Soekarno pernah mengatakan jangan pernah sekali-kali melupakan sejarah, (Jas merah). Ini yang perlu kita ingatkan, karena hal ini tidak lagi di ajarkan kepada anak-anak kita disekolah,” tuturnya.

Karnedi menambahkan,  Sebagai institusi TNI perekat persatuan dan kesatuan akan terus berusaha untuk mengingatkan kembali peristiwa sejarah kelam.

“Manusia kapanpun pasti Mati namun ideologi, tidak akan pernah mati. Dan perlu kewaspadaan secara terus menerus.

Rencananya bukan cuman di Makodim tapi juga di setiap Koramil akan kita laksanakan nonton bareng, kemudian puncaknya nanti pada tanggal 30 September akan kita laksanakan nonton bareng di lokasi TMMD yang berada di desa Lebetawi, Kota Tual,” Tutupnya. (CR-01).

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top