Agama

Bupati SBB Resmi Pastori Sekretaris Klasis Serbar

resmi

SBB, Maluku – Bupati Seram Bagian Barat, Drs. Muhammad Yasin Payapo, M.Pd didampingi Sekretaris Daerah, Mansur Tuharea, SH, MM meresmikan rumah Pastori Sekretaris Klasis Seram Barat, di Piru, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, Senin (25/9/2017). Dalam sambutannya, Yasin tegaskan peresmian Rumah Pastori ini dirasakan amat penting,  karena merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sarana peribadatan.

Dikatakannya, semua yang kita lakukan belum lengkap, karena kita lebih fokus dan tertuju pada pembangunan Gedung Gereja saja, tanpa melihat naungan pelayan Tuhan (Pendeta=red).

“Saya sampaikan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada  Jemaat Klasis Seram Barat, khususnya panitia Pembangunan rumah Pastori Sekretaris Klasis Seram Barat yang telah berupaya semaksimal mungkin dalam menyelesaikan Pembangunan ini. Kita sama-sama merasakan sukacita, karena sekian tahun Umat bergumul dalam membangun rumah Pastori Sekretaris Klasis ini,” jelasnya.

Dikatakan, hari ini kita semua dapat menyaksikan betapa besarnya kemuliaan Tuhan terpancar nyata dalam momentum peresmian ini. Momen ini juga memberikan arti akan kuatnya rekatan persatuan dan kesatuan dalam nuansa kebersamaan dan kekeluargaan, yaitu keluarga besar Allah sebagai mana Firman Tuhan dalam 1 Korintus Pasal 22 Ayat 14 yang berbunyi

“Karena Tuhan yang tidak terdiri dari satu Anggota, tetapi atas banyak anggota artinya, dalam satu tubuh manusia banyak organ dan tiap organ  tidak dapat berfungsi sendiri-sendiri, sebagaimana mulut tidak dapat berfungsi mengunyah sesuatu makanan kalau ridak ada tangan yang berfungsi memasukan makanan kedalam mulut. Bulan November nanti kita akan menjadi Tuan dan Nyonya rumah pelaksanaan Pesparawi Ke-10 tingkat Provinsi Maluku. Saya berharap ini dijadikan bentuk pelayanan kita terhadap Tuhan dan sesama,” jelasnya seraya katakan kita baik bagi samua tamu yang datang dan melayani mereka samua dalam Kasih Tuhan, agar menjadi berkat buat kita samua.

Menurutnya, Jemaat Seram Barat yang nota bene akan menjadi titik sentral menginap dan perlombaan, dirinya menghimbau untuk sama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan juga kenyamanan bagi diri kita dan orang lain, khususnya tamu Pesparawi.

Sementara itu, Sekertaris Umum MPH Sinode, Pdt. E.T. Maspaitela, M.Si katakan Pembangunan rumah Pastori Sekretaris Klasis Seram Barat ini adalah salah satu bangunan kontribusi dari GPM untuk nantinya kita mensukseskan Pesparawi. Sekretaris Klasis harus tinggal di tempat yang baru, agar dapat menerima para tamu Pesparawi yang akan datang di Klasis ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada panitia atas terselesaikannya pembangunan rumah pastori Sekretaris Klasis Seram Barat dan seluruh Jemaat yang sudah berpartisipasi menolong penyelesaian Pembangunan Pastori ini. Gereja berkewajiban menyediakan  sebuah bangunan Pastori, sebab disinilah tempat kami berjumpa dengan seluruh Jemaat. Tempat ini juga untuk bergumul dengan Tuhan bagi hidup Jamaat dan Masyarakat,” tegasnya.

Dikatakan, Pastori sesungguhnya adalah rumah tak berpintu dan tak berdinding, artinya suasana yang ada di Pastori  adalah suasana menyambut dan menerima umat manusia, soal dia nanti berbuat baik atau buruk itu bukan soal, Kami para Pendeta, tetapi Kami selalu percaya  pada siapapun yang datang ke Pastori ini, adalah orang-orang yang datang bukan sekedar datang, tapi mereka dibimbing oleh Tuhan untuk datang ke Pastori, siapapun mereka. Karena itu Pastori menampilkan wajah karakter yang sebenar-benarnya sebagai bagian dari Iman.

Hadir dalam peresmian Rumah Pastori Sekrtaris Klasis Seram Barat yakni,  Sekretaris Daerah, Mansur Tuharea,  Ketua Klasis Kota Ambon, Pdt.  J.N. Rutumalessy, S.Th, Ketua Klasis Seram Barat,  Pdt. Ny RM. Haliwela, Ketua Majelis Jemaat Elohim Piru, Pdt. NY J Irapanussa, S.Si, Ketua Majelis Getsemani, Pdt. W. Mirpey, S.Th, Sekretaris Klasis Seram Barat, Pdt. ML.Tamaela, S.Th, Ketua Majelis Jamaat GPM Eti, Pdt. J Luhukai, S.Si,  Ketua Majelis Translok Mata Empat, Pdt J.Loupatty, S.Th, Camat Seram Barat, Rony Salenussa, S.Pi, MPA, Pejabat Desa Piru, Royanto Manupassa, S.Pt, Danramil Piru 1502/Masohi, Kapten Inf Ato Laturake dan para pimpinan SKPD lingkup Pemerintahan Kab SBB. (IN-14/JSY)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top