Militer

Bagi Sembako Reuni Angkatan Polwan Polda Maluku, Wujud Pengabdian Sejati Kepada Masyarakat

polwan

Ambon, Maluku – Pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan bahkti sosial, kembali dilakukan oleh Polwan Maluku dengan melakukan pembagian sembako hari kedua di 2 lokasi yaitu Dusun Waenusalaut, Desa Suli Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), dan Desa Hunuth Durian Patah, (2/9/2017).
Kegiatan pembagian sembako kepada warga Dusun Waenusalaut tersebut bertempat di Gereja Pantekosta Maluku (GEPM) Maluku.
Kegiatan diawali dengan arahan dari Kabit Pemberantasan Narkoba BNN DKI Jakarta AKBP Merry Sorlury SH,MH, kepada jajaran Polwan Maluku dan warga Dusun Waenusalaut, dirinya kegiatan bahkti sosial yang dilakukan oleh reuni angkatan Polwan Polda Maluku angkatan I tahun 1980 sampai dengan angkatan 45 tahun 2016-2017 sebagai ungkapan pengabdian Polwan untuk berbagi bersama dengan Masyarakat dalam peringatan HUT Polwan RI ke-69 yang jatuh pada tanggal 1 September 2017.

” Kegiatan bahkti sosial yang dilakukan kepada masyarakat ini sebagai bentuk pengadian Kami dari Polwan Polda Maluku yang kebetulan kerena tugas dan pengadian sebagai seorang Polwan yang ditempatkan diselurub wilayah Indonesia. Kami hadir disini adalah sebagai Putri Maluku yang hadir di Maluku yang tergabung dari angkatan sejak tahun 1980 sampai angkatan 2017. Intinya kami datang ke sini untuk membagi berkat yang kami miliki, tentunya ke depan kami mengajak anak-anak di Suli untuk bisa mempersiapkan diri untuk tergabung sebagai Anghota Polwan Polda Maluku,” tutur Srikandi berpangkat 2 bunga melati dipundaknya itu.

Dikatakannya, persiapan sejak dhini menjadi seorang Polwan Polda Maluku hendaknya dilandasi dengan pendidikan agama sebagai dasar menjadi untuk menjadi seorang Polwan Polda Maluku.

” Untuk menjadi seorang Polwan Polda Maluku hendakanya dilandasi dengan pendididkan agama yang menjadi faktor utama bagi kelulusan Polwan.Kami yang lulus Polwan disini merupakan putri-putri Maluku pilihan yang ditempatkan si seluruh indonesi sehingga pendidikan agama merupakan suatu faktor penentu keberhasilan kami menjadi seorang Polwan,” ungkap Alumni Angkatan Pertama Polda Maluku yang telah menjabat selaku Kabit Pemberantasan Narkoba BNN DKI Jakarta ini.

polwan 1Sebagai respon dari pelaksanaan kegiatan bahkti sosial yang dilakukan oleh Reuni Polwan Polda Maluku, Pdt Joseph Karmezackh, S.Th selaku Ketua Majelis Jemaat Gereja Pantekosta Maluku mengatakan sebagai warga Suli yang komunitasnya masyarakatnya sebagian besar penduduk yang berasal dari Buton Sulawesi Tenggara, hubungan keakraban terua dibina sejak 45 tahun yang lalu menandakan sebuah keharmonisan dilingkungan masyarakat yang ada diDusun Waenusalaut Desa Suli.

” Untuk itulah sebagai perwakilan umat greja dan masyarakat Dusun Waenusalaut, Kami sangat bangga dengan kehadiran ibu-ibu Polwan Maluku yang berpartisipasi membantu warga masayarakat Dusun Waenusalaut dalam pemberiaan paket sembako.Trimah kasih juga atas motifasi yang telah diberikan kepada Putri-Putri dalam mempersiapkan diri sejak dini untuk menjadi seorang anggota Polda Maluku, smoga pengabdian dan niat tulus dari ibu-ibu Polwan Polda Maluku diberkati Tuhan Yang Maha Esa,”ungkap Pdt Joseph Karmezackh.

Seusai menyampaikan arahan singkat dan ucapan trimah kasih oleh Pdt Joseph Karmezackh,kegiatan dilanjutan dengan pemberian tali asih berupa 1 paket sembako yang diaerahkan secara simbolisi oleh AKBP Merry Sorlury SH,MH kepada Pdt Joseph Karmezackh.
Kegiatan selanjutnya bahkti sosial Polwan Polda Maluku dilakukan dilokasi Desa Hunut-Durian Patah yang bertempat di Kantor Desa Hunut Durian Patah.
Mengawali proses pembagian sembako kepada warga Desa Hunut Durian Patah diawali dengan arahan oleh Kepala Koordinator (Kakor) Polwan Polda Maluku AKBP Ety. Nirahua, SH,MH, mengatakan pemberian sembako yang dilakukan oleh Polwan Polda Maluku kepada masyarakat Desa Hunut Durian Patah sebagai ungkapan syukur atas dan pengabdian Polwan Polda Maluku seiring dengan bertambah setahun usia bagi Polwan RI ke-69 yang jatuh pada tanggal 1 September kemarin.

” Pemberian sembako yang dilakukan oleh Reuni angkatan Polwan Polda Maluku yang bertugas disetiap wilayah di Indonesia yang berkenan hadir di saat ini sebagai wujud pengabdian Polwan Polda Maluku kepada masyarakat sebagai aparat pelindung, dan pengayom masyarakat. Untuk itu apa yang kita berikan melalui pemberian sembako kepada warga Dusun Hunut Durian Patah jangan dilihat dari isinya tetapi kerelaan hati untuk memberi.,” tuturnya.

Meresponi apa yang disampaikan oleh Kakor Polwan Polda Maluku, Raja Hunuth Yondri Kappuw kepada jajaran Polwan Polda Maluku, dirinya mengatakan sebagai Apartur Pemerintah Desa Hunut dirinya meminta ada kerja sama yang baik oleh jajaran Polwan Polda Maluku dalam perekrutan anggota Polwan Polda Maluku harus memberikan sebuah peluang keberhasilan kepada perwakilan putri dari desa Hunut ketiaka ada dalam penerimaan Anggota Polisi. Pasalnya beberapa kali proses penerimaan seleksi anggota Polri, tak satupun Putri dari Desa Hunut yang berhasil lolos menjadi seorang anggota Polwan Polda Maluku.

” Sebagai Aparatur Pemerintah Desa Hunut, mewakili masyarakat Hunut kami sangat berterimah kasih dengan kegiatan bahkti sosila berupa pembagian sembako kepada Masyarakt Desa Hunut. Sesuai dengan koordinasi yang dibangun oleh Pemerintah Desa Hunut dan Panitia Bahkti Sosial Polwan Polda Maluku, pemberiaan sembako ini akan diserahkan kepada 2 komunitas warga yang beragama muslim dan nasrani yang ada di Desa Hunut ini tanpa ada perbedaan dari kami pemerintah Desa,” ucap Raja Hunut.

Dikatakannya, sebagai masukan terkait dengan ada beberapa masalah yang selama ini menjadi keluhan warga masyarakat Desa Hunut adalah tentang masalah Kamtibmas,pasalnya memang telah ada penepatan Pos keamanan darinpihak Kepolsian di Desa Durian Patah namun Pos tersebut tidak ada satu anggota Polisipun yang menempati Pos tersebut.

” Desa Hunut ini kan sering terjadi permasalahan-permasalahan sosial yang berujung pada bentrokan masyarakt,untuk itu sebagao masukan dari kami kepada pihak Kepolisian agar menempatkan anggota Kepolisian yang dilengkapi dengan peralatan keamanan ditemapt Pos Polisi yang ada di Desa Hunut ini agar mencegah terjadinya bentrokan-bentrokan kecil yang sering menggangu situasi Kamtibmas masyarakat Deaa Hunut,” ungkap Yondri Kappuw.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian paket sembako secara simbolis oleh Perwakilan Polda Maluku yang diwakili oleh AKBP Yunita Rahayaan kepada Raja Hunut Yondri Kappuw.
Usai melakukan pemberiaan sembako di dua Desa yang dilakukan oleh Reuni angkatan Polwan Polda Maluku se Indonesia, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama jajaran Perwira dan Bintara Polwan Polda Maluku di lokasi Pantai Natsepa,Desa Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top