Maluku Utara

Antisipasi Banjir, TNI dan Warga Kilong Buat Tanggul

e9a2735d-2384-4ae5-9fe2-cf1c3fba17b1

Halmahera, Maluku Utara – Anggota TNI dari Koramil 1509-03/Bobong bersama masyarakat Desa Kilong mendirikan tanggul darurat penahan banjir di bantaran sungai Air Minggu Desa Kilong Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, Sabtu (9/9/2017).

Melalui realese yang diterima, kondisi banjir yang terjadi dan menggenangi sedikitnya 40 KK rumah warga yang terjadi beberapa waktu yang lalu karena luapan sungai Air Minggu akibat pendangkalan permukaan sungai yang disebabkan penumpukan sedimen material di dasar sungai sehingga untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan mengingat saat ini hujan masih saja sering terjadi sehingga menimbulkan potensi terjadinya banjir.

520e5f6f-1501-4fbb-b0bf-1e6d332da907Oleh karenanya warga bersama personel Koramil Bobong membuat tanggul darurat yang terbuat dari tumpukan karung yang diisi pasir dan batu disepanjang aliran sungai tersebut, kegiatan yang dipimpin langsung oleh Danramil Bobong, Mayor Infanteri Poniman tersebut berlangsung cukup lama karena semuanya masih dilakukan secara manual dengan modal tekad yang kuat serta semangat dan komitmen untuk membantu kesulitan rakyat sehingga pekerjaan sekeras apapun apabila dilakukan dengan hati yang ikhlas dan semangat secara bersama-sama akan terasa ringan dan maksimal.

“Pada dasarnya kita memegang prinsip Kebersamaan itu Indah, keberagaman itu Anugerah. Teruslah berbuat untuk sesama, lakukan yang bisa dikerjakan walau hanya tetesan peluh semoga bermanfaat bagi sesame,” pungkas Perwira Menengah tersebut.

Sementara itu ditempat terpisah Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Joni Widodo, S.Sos dalam keterangannya menyampaikan bahwa dirinya mengaku senang dan bangga serta mendukung penuh atas apa yang dilaksanakan jajarannya khususnya untuk membantu kesulitan rakyat, selain itu Dandim juga akan berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu, agar dapat membantu proses upaya pencegahan bencana banjir susulan dengan melaksanakan revitalisasi sungai dengan melakukan pengerukan maupun pembuatan tanggul permanen penahan banjir. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top