Kota Ambon

Aksi Peduli Rohingya Myanmar, CC4R Bersama PKS, Ormas dan OKP Muslim Maluku Gelar Aksi Galang Dana

aksi cover
Crisis Center For Rohingya (CC4R) bentukan PKS. dilakukan oleh beberapa organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan Islam di Provinsi Maluku yang dilakukan dalam aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk Rohingya bertempat diperempatan, Masjid Raya Al-Fatah Kelurahaan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Jumat (15/9/2017)

Ambon, Maluku – Kepedulian terhadap konflik kemanusiaan kemanusiaan yang terjadi di Myanmar dan  guna membantu umat muslim Rohingya, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Maluku gelar aksi kemanusiaan dan peduli kasih bersama beberapa Aliansi mahasiswa di Kota Ambon juga Crisis Center For Rohingya (CC4R) bentukan PKS. Yang mana terjadi pembantaian terhadap kaum muslim Rohingnya, dilakukan oleh beberapa organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan Islam di Provinsi Maluku yang dilakukan dalam aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk Rohingya bertempat diperempatan Masjid Raya Al-Fatah Kelurahaan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Jumat (15/9/2017).

Kapolsek Sirimau AKP W.B. Minanlarat,SH kepada Intim News melalui ponsel selulernya mengatakan bahwa aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk Rohingya tersebut, berlangsung pada pukul 11.20 Wit oleh CC4R (Crisis Center For Rohingya) atas nama DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Maluku, dan gabungan beberapa ormas dan OKP diantarnya IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) Unpatti, Relawan Indonesia Maluku, Sallimah (Persaudaraan Muslimah) Maluku, KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) Maluku, Puskomda LDK (Lembaga Dakwah Kampus) Se-Kota Ambon, dengan Kordinator Lapangan Ridwan Ely, S.Pd. yang melibatkan peserta aksi sekitar 80 orang.

” Dalam kegiatan aksi penggalangan dana untuk Rohingnya tersebut, para peserta aksi dibekali dengan alat peraga yang digunakan berupa 5 buah Bendera Merah Putih, 4 buah Bendera Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Kotak Sumbangan bertuliskan ‘Peduli Rohingya’ , sebanyak15 buah, 2 buah Spanduk bertuliskan CC4R Crisis Center For Rohingya, Cukup Jadi Manusia Untuk Bela Etnik Rohingya, Aksi Bersama Peduli Rohingya, #SaveRohingya, 1 buah spanduk bertuliskan, peduli kemanusian untuk Rohingya, Korkom IMM Sejajaran Universitas Pattimura, 1 buah Pamflet bertuliskan ‘ Duka Rohingya Duka Kita Mari Berdonasi Untuk Masyarakat Rohingya’, #SaveRohingya, 5 buah Pamflet bertuliskan ‘CC4R Crisis Center For Rohingya #Saverohingya,” tutur AKP W.B Minalarat.

aksi dalam 2Dikatakannya, selain melakukan aksi penggalangan dana bagi penduduk Muslim Rohingnya Myanmar, peserta pengalangan dana juga melakukan orasi singkat secara bergantian oleh orator diantaranya, LA Januri , S.Sos (Ketua KAMMI Maluku), Muhammad Ikbal (Sekretaris DPD PKS), Syarifah Al Idrus (Ketua SALIMAH Maluku), Musriadin Labawa(Anggota DPRD Maluku Tengah), Zainla Azhar Bin Taher (Anggota DPRD Kota Ambon), Abdul Ganit,ST, (Sekretaris DPW PKS Prov. Maluku), Ustads Hasan Zarkashi.

Selain itu pantauan INTIM NEWS di perempatan A. Y. Patty, Jumat (15/09/2017), usai menunaikan sholat Jumat di Masjid Raya Al Fatah, masyarakat yang tergabung dalam CC4R, Kammi, Al- Irsyad, Relawan Indonesia, Salimah dan Ikadi, maupun organisasi kepemudaan lainnya yang turut hadir, langsung gelar peduli Rohingya dengan menggunakan kotak kosong yang diperuntukan kepada masyarakat yang melewati jalan tersebut, baik pengendara motor maupun mobil yang ingin memberikan sumbangsihnya secara sukarela .

Sebelumnya, Ketua DPW PKS Maluku Asis Sangkala, pada (8/9/2017) katakan, bahwa DPW akan menggalang dana internal, mulai dari para pengurus, para pejabat publik, DPRD provinsi maupun Kabupaten/Kota dan para kepala daerah, untuk dikumpulkan dana pada Crisis Center for Rohingya (CC4R) .

“Kita sadari bahwa crisis Rohingya adalah krisis kemanusiaan yang butuh perhatian internasional . Kita lihat tragedi disana yang sungguh luar biasa, sungguh biadab dan kita juga pernah alami krisis yang sama di Ambon tahun 1999 silam. Kita tidak tahu kapan krisis kemanusian di Rohingya berakhir,” ungkap Sangkala.

Menurutnya, kita perlu mendorong adanya upaya diplomatik dari Asean terutama Indonesia dengan Myanmar.

“Dari para kader, kami sedikit memberikan bantuan pendapatan kita untuk membantu. Kita nantinya kita akan mengirimkan melalui lembaga-lembaga sosial yang beraktifitas dan berakses disana, untuk menindaklanjuti amanah kita nih,” ajaknya.

Aksi peduli kasih tersebut, dihadiri oleh Pengurus DPW PKS dan dua orang legislator, dari dapil Kota Ambon dan Maluku Tengah. Sedangkan CC4R diketuai oleh Ridwan Elys dan Sekretaris Turaya Samal .Keduanya adalah Anggota DPRD Maluku,dari dapil yang berbeda. (IN-06/IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top