Kota Tual

Walikota Tual Hadiri Wisuda Akademi Keperawatan

wisuda keperawatan tual

Tual,Maluku– Sidang Senat Terbuka dalam rangka wisuda Program studi keperawatan Akademi Keperawatan tahun akademik 2016-2017 dilaksanakan di Gedung LPTQ, dusun dumar, kelurahan Ketsoblak, Kota tual. (29/8/2017).

Sebanyak 67 wisudawan dan wisudawati Akademi keperawatan (Akper) Kesehatan Tual melakukan sumpah Program studi keperawatan kementerian kesehatan Maluku.

Walikota Tual, Adam Rahayaan. S.ag. dalam sambutannya mengatakan,untuk mencapai suatu kehidupan yang bermutu dan masyarakat yang bermartabat tentunya harus memahami dengan benar, betapa besar dan pentingnya kontribusi pembangunan bidang kesehatan bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bidang kesehatan adalah bidang yang sangat strategis, dan sangatlah mustahil jika sebuah masyarakat dapat dibangun dengan mengabaikan bidang kesehatan. Bahkan sebab-sebab ketertinggalan sebuah bangsa, kebanyakan disebabkan oleh rendahnya kualitas derajat kesehatan masyarakat itu sendiri.

Rahayaan mengatakan, apabila kita jujur mengakui maka akan tampak bahwa rendahnya kualitas kesehatan itu disebabkan pula oleh rendahnya kualitas pelayanan kesehatan, hal ini disebabkan karena pelayanan kesehatan yang kompleks tersebut, sesungguhnya hanya dapat dikelola dengan baik jika ditangani oleh tenaga-tenaga yang trampil, terlatih, dan ahli dibidangnya dan tetap profesional bagi mereka yang berdedikasi pada bidang tugas dan pengabdiannya disamping dukungan sarana prasarana yang memadai pula.

Adam menambahkan, pada preapektif inilah dapat dipahami, pendidikan keperawatan merupakan salah satu aspek strategis yang tidak bisa diabaikan dalam pembangunan . Bidang kesehatan pada berbagai tataran pelayanan kesehatan, masih dihadapkan dengan persoalan kekurangan tenaga keperawatan yang profesional, terutama pada tataran pelayanan kesehatan di daerah.

Hadirnya Lembaga pendidikan keperawatan, baik itu Sekolah Perawat Kesehatan, Akademi Keperawatan, maupun Program Studi Keperawatan ini, setidaknya telah ikut memberikan kontribusi yang tidak ternilai harganya bagi pembangunan bidang kesehatan di kedua daerah kota tual dan Maluku Tenggara.

“ Kita telah memiliki cukup tenaga kesehatan dan keperawatan yang memadai, jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, tinggal sekarang bagaimana terus meningkatkan kemampuan intelektual, kemampuan profesional, serta dedikasi tenaga keperawatan yang telah ada. Patut disyukuri sebagian dari para aparatur kesehatan di daerah ini dan bahkan sesuatu yang patut menjadi kebanggaan pribadi dan keluarga, setelah beberapa tahun lamanya saudara-saudara menguras dan menggerakan potensi sumber daya yang saudara miliki tanpa kenal lelah, dan kini saatnya untuk dinikmati, “ jelasnya.

Dikatakan, apa yang telah dicapai pada saat ini sesungguhnya bukanlah akhir dari sebuah proses pembelajaran, tetapi merupakan awal yang baik, dalam proses pengabdian dan pelayanan kepada msayarakat yang akan dijalani, sebagai sebuah pilihan jalan hidup.

“Apa yang telah dicapai hari ini diharapkan akan memacu saudara untuk terus belajar mengembangkan kemampuan diri pribadi masing-masing, sehingga profesionalisme saudara dapat terus terasah, dan semuanya itu tentu dalam konteks peningkatan pelayanan kita kepada masyarakat,” tuturnya. (CR-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top