Maluku Tenggara

Sekda Malra Lepas Kontingen RAIMUNA Pramuka XI Nasional

Raimuna XI

MALRA, MALUKU- Sekda Maluku Tenggara melepas kontingen Maluku Tenggara pada Pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (Raimuna) Nasional XI Tahun 2017 yang akan dilaksanakan tanggal 13 sampai dengan 21 Agustus 2017 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Pada kegiatan Raimuna Nasional Tahun ini, Pelaksana Kegiatan mengangkat tema yaitu “Pramuka Untuk Masa Depan Indonesia”.

Raimuna adalah kegiatan pertemuan besar Pramuka dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan. Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, daerah Yapen Timur, kabupaten Yapen Waropen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu Rai dan Muna. Rai berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan Muna adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan.

pramukaHal ini di sampaikan Sekertaris Daerah (Sekda) Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin di Aula Kantor Bupati  Langgur, Selasa (1/8/2017).  Dihadapan Orang tua wali dan para peserta Raimuna Beruatwarin mengatakan, peserta adalah Putra dan Putri terbaik Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) yang telah diseleksi. Selama pelaksanaan Raimuna agar senantiasa menjaga nama baik diri pribadi serta Daerah Maluku Tenggara.

Diharapkannya, para peserta mampu menampilkan  potensi kearifan lokal serta Seni dan Budaya Maluku Tenggara.

“Selama pelaksanaan Raimuna, akan terisi agenda kegiatan yang sangat padat, untuk itu kepada setiap peserta secara mandiri senantiasa dapat menjaga stamina dan kondisi kesehatan yang baik pula. Kesehatan yang prima sudah pasti akan menjadi faktor penting guna totalitas pelaksanaan seluruh kegiatan. Kepada para pelatih dan pendamping Raimuna, untuk senantiasa memberikan arahan, petunjuk serta pengawasan yang baik kepada peserta,  mulai proses pemberangkatan peserta hingga selesainya kegiatan,” harapnya.

Untuk diketahui, Kegiatan dalam Raimuna Nasional 2017 dibagi ke dalam 8 kelompok kegiatan yaitu, Kegiatan Umum & Persaudaraan yang meliputi Ibadah Keagamaan, Upacara Adat Bhinneka Tunggal Ika, Upacara Pembukaan, Upacara Hari Pramuka Ke 56, Upacara Hari Kemerdekaan RI Ke 72, Upacara Bendera, Olahraga, Korve Tenda, Malam Bhinneka Tunggal Ika, Upacara Penutupan.

Kegiatan Khusus meliputi, Mural Painting and Baliho, Malam Selamat Datang , Gapura Nusantara, Jumpa Tokoh Inspiratif
Hari Kemerdekaan RI ke-72, Malam Refleksi Kebangsaan, Kegiatan Pimpinan Kontingen Daerah dan Bindamping.

Global Development Village & Science yakni Zona Kewirausahaan, Zona Komunitas, Zone Teknologi dan Informasi.
Semendtara Tur Edukasi meliputi, Budaya, Keterampilan, Teknologi, Sejarah. Rover Challenge diantaranya Adventure land, Water Activity, High Rope.  Sedangkan Subcamp meliputi, Kwarda Jawa Barat, Kwarda Banten

Seni dan Budaya termasuk Pentas Seni Daerah,Variety Show. dan kelompok kedelapan yakni  Festival Raimuna Nasional 2017 diantaranya, Karnaval Nusantara, Masak Besar, Kuliner Nusantara. (CR-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top