Seram Bagian Barat

Salenussa : Kecamatan Seram Barat Siap Laksanakan PATEN For Kase Bae SBB

yanin kasibae

SBB, Maluku – Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat siap melaksanakan Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN=Red). Ini dimaksudkan untuk meningkatkan PATEN sehingga sangat bermanfaat dalam proses peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat, karena fasilitas PATEN di Kecamatan Seram Barat sudah siap untuk melaksanakan PATEN.

Hal ini diungkapkan Camat Seram Barat, Ronny Salenussa, S.Pi, MPA disela-sela mengikuti bimbingan teknis Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), di Aula Penginapan Mentari Piru, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten SBB (29/8/2017).
Menurut Alumnus Fisipol UGM ini, selaku pemerintah Kecamatan kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemkab SBB, khususnya bagian administrasi Pemerintahan Kabupaten SBB yang telah memfasilitasi Dirjen Binaan Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri yang disampaikan H M. Budi S. Sudarmadi.
Menurutnya, salah satu strategi dalam menjemput PATEN, Kita telah melakukan koordinasi dengan dinas teknis pemberi atau pelimpahan kewenangan ke kecamatan. Karena, di Tahun 2016 kita telah menyiapkan fasilitas PATEN. Dalam hal fasilitasi untuk perekaman E-KTP dan ijin serta non ijin. Selain itu, pemerintah Kecamatan Seram Barat telah melakukan koordinasi kesiapan PATEN ke Desa-Desa dalam wilayah Kecamatan Seram Barat.

“Salah satu strategi dalam menjemput PATEN, Kita telah melakukan koordinasi dengan dinas teknis pemberi atau pelimpahan kewenangan ke Kecamatan. Karena, di tahun 2016 kita telah menyiapkan fasilitas PATEN dalam hal fasilitasi untuk perekaman E-KTP dan ijin dan non ijin. Selain itu, pemerintah kecamatan Seram Barat telah melakukan koordinasi kesiapan PATEN ke Desa-Desa dalam wilayah Kecamatan Seram Barat,” tegas Alumnus Fisipol UGM ini.

21198465_1462553173839744_1158254224_o

Camat Seram Barat, Ronny Salenussa, S.Pi, MPA

Dikatakan, ada juga kesiapan dan strategi jemput bola yang akan dilakukan dalam implementasi PATEN nanti. Di mana pelayanan administrasi terpadu (PATEN) ini dapat berjalan. Kami mencoba menerapkan inovasi PATEN berupa sistem Kecamatan dengan mengajak ‘for bikin bae SBB’ yakni pertama, mengajak masyarakat untuk melengkapi dokumen-dokumen pelayanan seperti perizinn IMB, SIUP, SITU, TDP dan HO. Kedua, mempermudah masyarakat dalam proses pengurusan pelayanan (pelayanan kelililing=red) dan ketiga, adanya jaminan masyarakat untuk mendapatkan kepastian waktu pelayanan.

“Inovasi PATEN berupa sistem Kecamatan dengan mengajak for Bikin Bae SBB dengan mengajak masyarakat untuk melengkapi dokumen-dokumen pelayanan seperti surat-surat izin yakni IMB, SIUP, SITU, TDP dan HO. Berikutnya itu mempermudah masyarakat dalam proses pengurusan pelayanan (pelayanan kelililing=red) dan ketiga, adanya jaminan masyarakat untuk mendapatkan kepastian waktu pelayanan,” tegasnya.

Inovasi berikutnya, kita bekerjasama dengan Telkomsel terkait dengan sistem Zero Complaint, ini dimaksudkan agar pelaksanaan pelayan tanpa pengaduan sekaligus memangkas jalur pelayanan dengan menerapkan lima menit pelayanan selesai, yaitu cepat, akurat, dan tepat di tingkat desa/dusun pada Kecamatan Seram Barat. Ini dimaksudkan untuk menjawab sebagaimana visi dan misi besar Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat di Tingkat Kecamatan, bersama-sama Kase Bae SBB.

Sementara ditempat terpisah, Plt. Camat Amalatu, Adawia Wakanno, S.Sos menyambut baik Bimtek, dengan tegaskan kami menyambut baik dan bahkan kita minta sesegera mungkin dapat direalisasikan salah satunya terkait pelimpahan kewenangan tersebut dan pendistribusian pembuatan dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP=Red), karena yang sudah dilakukan pilot project adalah Kecamatan Taniwel Timur dan Kecamatan Amalatu. (IN-14/JSY)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top