Politik

Rekomendasi PKB Jadi Rebutan Balonkada Tual – Malra

PKB

Ambon, Maluku – Para bakal calon (balon) kepala daerah (Balonkada) di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), sementara saling berebut mendapat rekomendasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pasalnya, PKB pada hasil pemilihan legislatif (pileg) tahun 2014 lalu di Kota Tual, berhasil memperoleh satu kursi. Sedangkan di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), memperoleh tiga kursi.

Ingin mengetahui kelanjutan proses penjaringan di tingkat DPD Kota Tual dan Kabupaten Malra, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKB Kabupaten Maluku Tenggara, Konan Kudubun yang dikonfirmasi media ini via ponsel seluler, Kamis (10/8/2017) menjelaskan, telah membuka proses pendaftaran, yang didalamnya terdiri dari pengambilan dan pengembalian berkas sejak tanggal 10 hingga 29 Juli 2017 lalu.

Hingga penutupan proses tersebut, kata Kudubun, telah terjaring Sembilan balon kepala daerah yang terdiri dari enam balon bupati dan tiga balon wakil bupati.

“Hingga proses penutupan pendaftaran, sembilan balon bupati diantaranya Utha Safsafubun, Thaher Hanubun, Angelus Renjaan, Petrus Beruatwarin, Petrus Ohoitimur dan Januaris Resubun yang mendaftar. Sementara tiga balon Wakil Bupati yang mendaftar diantaranya, Mumin Refra, Usman Rahawarin dan Ali Fakaubun,” ungkap Kudubun.

Kudubun mengaku, pihaknya sementara melakukan verifikasi berkas pendaftaran dan nantinya akan diantar ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) untuk diteliti lebih lanjut.

“Kita sedang merealisasikan tahapan verifikasi berkas dan akan berakhir dalam sehari dua ini sebelum berkas pencalonan ini dibawakan ke DPW,” terangnya.

Terpisah Sekretaris DPD PKB Kota Tual Ali Subandrio yang juga dikonfirmasi terkait hal tersebut mengakui, jika PKB sebagai salah satu partai yang seksi. Kendati hanya memiliki satu kursi, namun peminat yang mendaftar di partai kepunyaan Cak Imin itu, tergolong banyak.

Menurut Subandrio, proses pendaftaran yang dibuka sejak tanggal 19 – 29 Juli 2017 itu terdapat 8 pendaftar. Kedelapan kandidat tersebut diantaranya empat balon Walikota dan empat balon Wakil Walikota.

“Balon Walikota antara lain, Adam Rahayaan, Basri Adly Bandjar, La Daud Et Lageni dan Yunus Serang. Sementara untuk Balon Wakil Walikota Tual diantaranya, Usman Tamnge, Fadila Rahawarin, Tin Balubun dan Sangafnuan,” ujarnya.

Ditambahkannya, dari pengamatan hasil survey yang dilakukan dari empat balon walikota yang mendaftar di PKB dan memiliki peluang yakni Adam Rahayaan selaku Petahana dan Basri Adly Bandjar selaku Sekretaris Daerah Kota Tual. (IN-06)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top