Maluku Tengah

Peduli Kesehatan, PMKM dan KPA Lestari Gelar Baksos di Dusun Wainuru

20916703_1571131582910123_1584701969_n

Ambon, Maluku – Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat di Maluku seiring perayaan HUT RI ke-72, Pergerakan Mahasiswa Kesehatan Maluku (PMKM) bekerjasama dengan Komunitas Pencinta Alam (KPA) selaku Lembaga Solidaritas Anak Rimba (Lestari) Ambon menggelar bahkti sosial kesehatan (Baksos) berupa khitanan massal, tes golongan darah dan tes tekanan darah bagi warga Dusun Wainuru, Negeri Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, (17/8/2017).

Hijrah, Ketua bidang komunikasi dan informasi (Kominfo) PMKM kepada Intim News, Jumat (18/8/2017) mengatakan bahwa kegiatan bahkti sosial kesehatan yang dilakukan secara gratis oleh PMKM bekerjasama dengan Komunitas Pencinta Alam (KPA) selaku Lembaga Solidaritas Anak Rimba (Lestari) sebagai bentuk kepedulian PMKM dan KPA Lestari Ambon dari sisi kesehatan kepada masyarakat dusun Wainuru.
Pasalnya, dusun Wainuru merupakan dusun yang kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah setempat.

” Kegiatan yang berlangsung pukul 11.30 Wit sampai 14.00 Wit mendapat antusias warga cukup tinggi karena kegiatan semacam ini baru pertama kali dilakukan di dusun Wainuru. Kegiatan bahkti sosial kesehatan melibatkan 17 tim medis dari PMKM ini berhasil memeriksa tes golongan darah warga dusun Wainuru sebanyak 48 orang dan tensi darah sebanyak 23 orang dan 10 anak usia sekolah dasar (SD) berhasil di khitan gratis,” ungkap Hijrah

20937807_1571131649576783_676975364_nDikatakannya, bahkti sosial tersebut juga diapresiasi baik oleh masyarakat dan perangkat dusun Wainuru yang disampaikan secara langsung oleh Sekertaris Dusun Wariunu, La Nurtiga saat pelaksanaan kegiatan bahti sosial sedang dilakukan oleh tim medis dari PMKM.

“Kegiatan khitanan massal ini baru pertama kali dilakukan, tetapi kalau diluar dari dusun ini memang sudah berulang-ulang kali” ujar La Nurtiga.

Selain itu selaku Dewan Pembina PMKM yang terlibat secara langsung dalam kegiatan bahkti sosial tersebut, Narti mengatakan kegiatan bahkti sosial PMKM diharapkan dapat membangkitkan kesadaran masyarakat dusun Wainuru terhadap pentingnya kesehatan.

“Saya harap dengan adanya kegiatan ini masyarakat semakin sadar bahwa kesehatan itu sangat penting, apalagi yang berkaitan dengan sunatan” tandas Narti selaku Dewan pembina PMKM.

Bahkti sosial yang bertepatan dengan hari Proklamasi Indonesia itu dilaksanakan berkat kerjasama PMKM dengan KPA Lestari Ambon sebagai tuan rumah Jambore Pecinta Alam se-Maluku yang ke XIX 2017 sekaligus turut memeriahkan HUT Republik Indonesia yang ke-72 tahun. (IN-07)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top