Ekonomi

“Nemo” Lantamal IX Masuk Pasar Asia dan Eropa

Lantamal IX PAnen ikan NEmo (1)

Ambon,Maluku- Masih ingat dengan film Finding Nemo ? Ikan kecil yang mengarungi luasnya lautan itu terlihat lucu dan menggemaskan. Karena keeksotikannya, Ikan Nemo merupakan salah satu jenis ikan  yang paling digemari para pecinta ikan hias.   Peluang yang sangat besar di pasar untuk budidaya ikan Nemo bisa memberikan keuntungan, dan biasanya ditentukan dari keunikan warna serta coraknya.  Berkaitan dengan hal tersebut, Lantamal IX Ambon membudidayakan ikan Nemo jenis Black Ice dan Pikachu untuk di ekspor ke kawasan Asia dan Eropa.

Lantamal IX PAnen ikan NEmo (2)

Wakil Komandan Lantamal IX, Kolonel Marinir Imam Sopingi, Senin, (14/08/2017) menyampaikan, ikan Nemo adalah   komoditi  yang dapat diterima di pasar luar negeri, juga  memiliki kemampuan untuk dapat bertahan di pasar internasional.

Lebih lanjut dikatakan, harga jual mencapai puluhan hingga ratusan ribu, untuk itu pihaknya sangat mengeepankan  mutu serta keunikan warna dan corak. Untuk memperoleh izin Pemerintah agar dapat  diekspor, Lantamal IX bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikananan Provinsi Maluku.

Diharapkan dengan adanya budidaya ikan di Lantamal IX, hasil ikan yang di ekspor dapat bersaing dan berdaya jual tinggi dengan komoditi serupa yang diproduksi negara lain. Selain itu, budidaya ikan ini ditujukan untuk menekan kepunahan dan kebutuhan pasar dapat terpenuhi. (IN-10)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top