Agama

Keliobas Lepas 99 JCH SBT

Jamaah Haji..

Bula,Maluku- Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas secara resmi melepas 99 Jama’ah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten SBT. Acara seremonial pelepesan JCH sendiri dilakukan diaula gedung serbaguna Dinas Kesehatan SBT, Selasa, (1/8/2017).

Bupati dalam sambutannya memberikan apresiasi positif kepada semua pihak yang terlibat langsung dalam pelayanan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2017, terutama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten SBT yang telah menyetujui usulan anggaran subsidi pelayanan bagi Jamaah Calon Haji asal kabupaten SBT.  Selain kepada DPRD, Bupati juga mengapresiasi pihak kantor kementrian Agama SBT yang membantu pelayanan haji terutama dalam hal pelayanan adminitrasi JCH asal SBT.

“Teristimewa panitia penyelenggaraan ibadah haji musim haji 1438 hijriah tahun 2017 masehi serta pihak kantor kementrian agama kabupaten SBT yang secara teknis menangani pelayanan haji dimaksud sejak dari pelayanan administrasi pendaftaran sampai dengan acara pelepasan ini. Kedua, selaku bupati SBT saya juga mengucapkan terima kasih yang sungguh kepada pihak DPRD SBT yang telah menyetujui dan menetapkan usulan subsidi bagi JCH kabupaten SBT tahun 2017 ini, “ungkap dia.

Menurut Bupati, pemerintah daerah kabupaten SBT terus berkomitmen untuk melakukan perbaikan dalam sistem pelayanan penyelenggaraan ibadah haji didaerah itu. Langkah perbaikan dilakukan sebagai konsukuensi dari undang-undang nomor 13 tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan perturan tentang kouta haji kabupaten/kota yang meminta meminta peran serta pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan penyelenggaraan ibadah haji bagi masyarakat didaerah masing-masing.

“Pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk melaksanakan fungsinya sebagai regulator, fasilitator dan motivator. Dalam rangka melakukan fungsi itulah, pemerintah daerah telah mengupayakan pebaikan dan penguatan infrastruktur pendukung penyelenggaraan ibadah haji didaerah ini, “ungkap Bupati.

Kata Bupati, Perbaikan pelayanan ibadah haji dikabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa itu dimulai dari sistem pelayanan perbankan dan sistem pelayanan kesehatan bagi Jamaah calon haji. Perbaikan pada sistem perbankan dimaksud adalah meminta kepada pihak perbankan untuk memberikan pelayanan prima dan plus bagi pendaftar yang ingin melakukan pendaftaran haji online data yang cepat dan tepat.

“Dengan sistem komputerisasi haji (siskoha) pusat kita patut berbangga bahwa Mandiri dan BRI yang ada dikabupaten SBT pada saat ini telah mampu melaksanakan sistem online data dimaksud. Sedangkan kepada bank-bank lain yang sampai saat ini belum melakukan transaksi perjalanan ibadah haji saya minta untuk turut berpartisipasi pada kegiatan dimasud, “harap Bupati.

Sementara dalam perbaikan pelayanan kesehatan, menurut bupati, terhitung sejak tahun 2010 sampai dengan tahun 2017 ini pemeriksaan kesehatan jamaah calon haji telah ditangani langsung oleh Dinas Kesehatan setempat.

“Dengan keterlibatan dinas kesehatan kabupaten SBT, berarti telah mempermuda calon jamaah haji didaerah ini untuk memperoleh akses pelayanan kesehatan. Akses pelayanan kesehatan bagi JCH tentunya akan lebih tinggi ddiperhatikan lagi pada tahun-tahun depan sehinngga dapat peningkatan kualitas, “katanya.

Selain peningkatan pelayanan haji, pemerintah kabupaten SBT juga telah mengalokasikan anggaran untuk membenahi sistem pelayanan haji didaerah itu. Salah satunya adalah mensubsidi biaya perjalanan JCH dan petugas haji SBT dari Kota Bula, Kota Ambon sampai dengan embarkasi Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, bahwa musim haji tahun 2017 ini pemerintah daerah telah mengalokasikan subsidi anggaran untuk membenahi beberapa komponen tingkatan, seperti biaya embarkasi, biaya pemeriksaan haji, biaya petugas pendamping jamaah haji ke Ambon sampai dengan embarkasi Makassar, “jelas Bupati. (IN-17)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top