Seram Bagian Barat

Bupati Lepas 110 Jema’ah Calon Haji 2017 Asal SBB

20630015_1833797239968957_43177555_o

SBB, Maluku.- Pada tahun 2017 ini, Kabupaten Seram Bagian Barat sebanyak 110 jema’ah calon haji (JCH) dengan resmi di lepaskan oleh Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat, M Yasin. Payapo bertempat di Lantai III, Kantor Bupati SBB, Rabu (2/8/2017).

Bupati juga memberikan apresiasi kepada DPRD karena sudah membantu JCH dengan dana yang diusulkan dari Pemerintah Daerah untuk disetujui anggarannya oleh DPRD.

Jumlah peserta JCH untuk Kabupaten SBB, terdiri dari Kecamatan Amalatu 15 orang, Kairatu Barat 1 orang, Kairatu 26 orang, Seram Barat 35 orang, Taniwel 4 orang, Waesala 4 orang Manipa 2 orang.

Selain itu Bupati juga mengajak JCH supaya tinggalkan kebencian, dengki, amarah, permusuhan diantara sesama teman, agar tolong ditinggalkan sebelum berangkat ke Tanah Suci, Mekah karena JCH berangkat naik haji itu semua harus bersih dari kebencian, dendam terhadap sesama, harus bangun kedamaian, supaya ada nilai-nilai sakral, nilai kekerabatan.

20623607_1833797336635614_629170377_oJCH juga harus sadar bahwa perjalanan ke Tanah Suci adalah untuk beribadah bukan perjalanan wisata, untuk itu laksanakan ibadahnya dengan baik.
Dirinya berharap agar sesampai disana kesehatan di jaga dengan baik supaya dalam melaksanakan ibadahnya dengan baik, sehingga setelah kembali dari Tanah Suci para JCH dapat memberi inspirasi kepada masyarakat, karena nilai itulah yang nanti menjadi dasar perdamaian kesejahteraan di bumi Saka Mese Nusa ini.

“Kami berharap sekembalinya JCH dari Tanah Suci membawa nilai-nilai keagamaan itu, dan bisa mereka aplisiasikan itu dengan baik kepada masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat, karena nilai keagamaan itu yang menjadi dasar pencapaian seluruh rakyat di Saka Mese Nusa,” terangnya.

Kepala Kantor Kementrian Agama La Fata S,Ag. yang juga turut hadir dalam acara pelepasan tersebut mengatakan bahwa Ibadah Haji bagi umat Islam, sesungguhnya adalah sebuah perjalanan suci yang merupakan perpaduan antara ibadah fisik dan ibadah rohani. Yang didalamnya penuh dengan makna yang hakiki, yang mengantarkan manusia kepada sebuah kesadaran transendental tentang keberadaannya sebagai seorang hamba dalam lingkup kebesaran dan kemuliaan Allah SWT.

Olehnya itu, Ibadah Haji sebagai Rukun Islam yang kelima merupakan cita -cita dan dambaan bagi setiap umat Muslim yang mampu dari segi ekonomi fisik dan mental serta penghayatan tentang manasik haji.
La Fata juga berterima kasih kepada Pemerintah Daerah beserta jajaranya, karena selama ini sudah memperhatikan kebutuhan JCH dari mulai mendaftarkan diri sampai kepada pelepasan keberangkatannya.

“Mudah-mudahan para JCH ini betul -betul bisa menjalankan Ibadah Haji ini dengan baik dan tentunya kita juga berdoa semoga JCH Kabupaten Seram Barat berangkat dan pulang nanti dengan baik dalam keadaan lengkap,” harapnya. (IN-14/JSY)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top