Ekonomi

Bahan Makanan Sumbang Inflasi Tertinggi 2,29 % di Tual, Kota Ambon 0,86 %

inflasi

Ambon, Maluku.- Kelompok pengeluaran yang menyumbang kenaikan inflasi di bulan Juli 2017 adalah bahan makanan sebesar 5,35% untuk kota Tual sedangkan untuk kota Ambon sebesar 4, 76 %, dan ini merupakan kelompok pengeluaran dengan jumlah tertinggi jika dibandingkan pengeluaran yang lain, yang memberi sumbangsih tingginya inflasi pada dua kota tersebut. Sehingga inflasi pada bulan Juli 2017 untuk kota Tual berada pada 2,29 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan kota Ambon yang hanya sebesar 0,86 persen.

Tercatat dari 82 Kota di Indonesia, 59 Kota mengalami Inflasi dan 23 Kota mengalami Deflasi, dari 59 Kota tersebut yang mengalami Inflasi terdapat Kota Ambon dan Kota Tual, Kota Ambon sebesar 0,86 % sedangkan Kota Tual 2,29%.

“ Yang menjadi penyebab naiknya inflasi tinggi pada kota Tual pada kelompok bahan makanan sebesar 5,35 persen. Ikan Cakalang satu dari beberapa komoditi yang memicu naiknya inflasi di kota Tual,” jelas Kepala Bidang Statistik Distribusi, Ir. Jessica E Pupella, M.Si dalam rilis yang disampaikan di Kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku, Selasa (1/8/2017).

Untuk kota Ambon, inflasi dipengaruhi oleh lima kelompok pengeluaran dengan inflasi tertinggi pada kelompok bahan makanan sebesar 4,76% dengan komoditi seperti Ikang layang, sayur Kankung, ikan selar, ikan cakalang, dan bawang merah sedangkan yang menyumbang deflasi antara lain berada pada angkutan udara, bawang putih, kelapa,lemon cina dan daun melinjo.

Berbeda dengan kota Ambon, inflasi yang terjadi di kota Tual di pengaruhi oleh 3 kelompok pengeluaran dangan inflasi tertingi pada kelompok bahan makanan sebesar 5,35% dan inflasi terendah pada kelompok sandang sebesar 0,50%

Dari kelompok bahan makanan yang mengalami inflasi di kota Tual antara lain, Ikan baronang, lkan cakalang, daun singkong, ikan kembung, dan angkutan udara. Sedangkan yang mengalami deflasi antara lain. Ikan teri, ikan kakap putih, bawang putih, ketela pohon, dan embal gepe.

Inflasi yang terjadi di kota Ambon sebesar 0,86% dan kota Tual sebesar 2,29% pada bulan Juli 2017 menunjukan bahwa secara umum harga barang atau jasa mengalami kenaikan yang signifikan di dua kota tersebut berbeda dengan bulan Juni 2017.

Jika dihitung berdasarkan tahun kalender pada Juli 2017 3,89 persen dan inflasi tahun ke tahun (Juli 2017 terhadap Juli 2016) inflasi sebesar 5,84 persen. (MG-01)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top