Maluku Tengah

Tuasikal Lantik dan Ambil Sumpah Saniri Negeri Assilulu

Asilulu

MASOHI, MALUKU- Sebanyak 13 anggota saniri negeri Assilulu, Kecamatan Leihitu,kabupaten Maluku Tengah(Malteng), resmi di ambil sumpah dan di lantik oleh Bupati Malteng Tuasikal Abua,SH, pekan lalu yang di lakukan oleh Camat Leihitu, Amin Sopaliuw dengan SK Bupati Malteng nomor :147-387 tahun 2017.

Bupati Malteng dalam sambutannya yang di bacakan Camat Leihitu Amin Sopaliuw menyebutkan, pengambilan sumpah dan pelantikan Saniri Negeri Assilulu Kecamatan Leihitu merupakan amanat konstitusi, karena saniri negeri sebelumnya yang di angkat oleh Bupati Malteng dengan SK Bupati Malteng nomor : 140-156 tahun 2010 ,tertanggal 22 Februari 2010, telah berakhir masa jabatannya, sehingga perlu di angkat saniri negeri Assilulu yang baru.

“Pengangkatan saniri negeri sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Malteng dan bahkan pengangkatannya, juga berdasarkan hasil musyawarah perwakilan tiga soa yaitu Soa Kalauw, So Ely dan Soa Mahu,” jelasnya.

Tuasikal melalui camat Leihitu sangat berharap, agar saniri negeri Assilulu yng baru, bisa bersinergi dan bekerja sama dengan penjabat kepala pemerintah negeri Assilulu, guna memproses dan mengangkat kepala Pemerintah Negeri Assilulu yang definitive. Hal tersebut demi melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang lebih baik, dalam rangka memajukan negeri Assilulu ke depan, supaya bisa sejajar dan maju seperti negeri-negeri lain, yang ada di Kabupaten yang berjuluk Pamahanunusa.

“Sebagai mana kita ketahui bahwa, Negeri Assilulu sudah hampir 11 tahun belum memiliki Kepala Pemerintah Negeri (Raja) yang definitif. Olehnya itu, kerja sama antara saniri negeri yang baru di ambil sumpah dan di lantik ini, bisa saling sinergi dan bergandengan tangan, dengan penjabat kepala pemerintah negeri maupun masyarakat guna memproses pengangkatan KPN/Raja berdasarkan keinginan masyarakat di negeri Assilulu,” pinta Tuasikal.

Selain itu juga, dirinya sangat berharap agar saniri negeri dapat bekerja sama dengan staf pemerintah negeri, untuk merancang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB) Negeri, guna menjemput berbagai bantuan pemerintah, yang di salurkan kepada negeri-negeri termasuk di Negeri Assilulu, seperti Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) guna pengembangan dan pembangunan di negeri Assilulu. (IN-18)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top