Olahraga

Timnas Indonesia U-22 Pecundangi Mongolia 7-0

Timnas U-22

Thailand- Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 berhasil meraih kemenangan perdana usai menundukkan Mongolia 7-0 di National Stadium Bangkok, Thailand, dalam laga kualifikasi Piala Asia U-23, Jumat (21/7/2017).

Lima gol Timnas U-22 dilesakkan oleh sepasang gol dari Saddil Ramdani dan Gavin Kwan Adsit serta masing satu gol dari Marinus Wanewar, Osvaldo Haay, dan Septian David.

Keberhasilan Indonesia memetik poin penuh membuat mereka merangsek ke posisi kedua dengan koleksi tiga poin. Sementara Mongolia berada di posisi buncit setelah hanya mengemas satu angka.

Luis Milla nampaknya belajar dari kesalahan di laga sebelumnya dengan mencantumkan nama Evan Dimas, Hansamu Yama, Gavin Kwan Adsit, dan Saddil Ramdani di starting line-up. Tak hanya itu, Satria Tama yang tampil buruk di pertandingan pembuka juga ditukar dengan Kartika Adjie.

Keputusan Milla bukan tanpa alasan. Kemenangan jadi harga mati Timnas U-22. Pasalnya, kekalahan di laga sebelumnya membuat Marinus Wanewar dan kawan-kawan terperosok di dasar klasemen. Sementara itu Mongolia bukanlah lawan yang bisa dianggap enteng. Mereka berhasil mengemas satu angka usai bermain imbang 1-1 dengan Thailand.

Pilihan Milla menurunkan Saddil sejak menit pertama terbukti jitu. Penggawa Persela Lamongan itu sukses membuka keunggulan di menit ke-16. Setelah menerima umpan lambung dari lini tengah, Saddil melepaskan tembakan melengkung ke sisi kanan gawang Mongolia.

Timnas U-22 kembali mendapatkan peluang, tetapi sepakan Evan melebar di menit ke-26. Gempuran-gempuran Timnas U-22 akhirnya berbuah hasil. Empat menit berselang, tandukan Marinus kembali megoyak jala Mongolia usai memanfaatkan umpan Osvaldo Haay.

Anak-anak asuh Milla terlihat lebih cair ketimbang di laga sebelumnya. Di satu sisi, pertahanan Mongolia yang minim koordinasi membuat permainan Timnas U-22 semakin berkembang. Alhasil, mereka sukses memperlebar keunggulan di menit 34 melalui Gavin. Gol tersebut sekaligus membuat kedudukan babak pertama berakhir degan skor 3-0 untuk Indonesia.

Usai turun minum, Timnas U-22 tak menurunkan agresivitasnya. Marinus bahkan nyaris mencetak gol keduanya, sayang tembakannya masih melenceng. Di menit 55, Indonesia sukses menambah pundi-pundi golnya. Adalah Saddil kembali mancatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan kesalahan penjaga gawang Mongolia.

Tiga menit berselang, Milla menarik keluar Saddil dan menukarnya dengan Yabes Roni. Pergantian pemain tak lantas mebuat “Garuda Muda” mengendurkan serangan. Kali ini giliran Septian David yang unjuk gigi, akan tetapi tendangannya masih diselamatkan mistar gawang. Lini depan Indonesia benar-benar tampil efektif di laga kali ini. Kemelut yang terjadi di gawang Mongolia sukses dimanfaatkan oleh Osvaldo Haay di menit ke-71.

Timnas U-22 makin menggila di ujung laga. Dalam tempo waktu tiga menit mereka sukses menambah dua gol lewat aksi Gavin dan Septian. Kedua gol tersebut membuat Indonesia mengakhiri alga dengan kemenangan 7-0.

Sebenarnya. Mongolia bukan tak menebar ancaman. Total, dua kali sudah negara asal Genghis Khan itu mengancam gawang Indonesia. Selain ketenangan Kartika Adjie, pemanfaatan peluang Mongolia juga terhitung buruk. (IN/KUM)

Print Friendly, PDF & Email
Comments
To Top

This site is protected by wp-copyrightpro.com